View Full Version
Selasa, 07 Apr 2015

Milisi Pro Hadi Dibantu Jet Tempur Koalisi Saudi Pukul Mundur Pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman

ADEN, YAMAN (voa-islam.com) - Milisi Yaman selatan pro presiden Abdu Rabbu Mansour Hadi yang didukung oleh pesawat tempur dari koalisi yang dipimpin Saudi menyerang pemberontak Syi'ah Houtsi di beberapa provinsi di Yaman selatan, hari Senin (6/4/2015), mendorong mundur pasukan pemberontak Syi'ah dukungan Iran itu dari beberapa posisi mereka, saksi dan sumber milisi mengatakan.

Keuntungan pejuang selatan datang pada hari ke-12 dari kampanye udara oleh Arab Saudi dan terutama sekutu Teluk Arab yang mencoba untuk membendung kemajuan oleh pemberontak Syi'ah Houtsi yang beraliansi dengan Iran, yang menguasai ibu kota Sana'a dan telah maju di selatan kota Aden.

Pasukan pemberontak Syi'ah Houtsi berkumpul di tepi area pelabuhan utama Aden pada hari Senin, tetapi mundur kembali dari dua kuartal perumahan di pinggiran nya, kata warga kepada Reuters. Sekitar 60 orang tewas dalam pertempuran sengit di daerah itu pada hari Ahad, kata mereka.

Ledakan mengguncang pinggiran kota Aden ketika warga melaporkan sebuah kapal perang asing menembaki posisi pemberontak Syi'ah Houtsi di pinggiran.

Pertempuran itu telah menewaskan ratusan orang, memutus persedian air dan listrik dan membuat badan anak-anak PBB UNICEF memperingatkan bahwa Yaman menuju bencana kemanusiaan.

Arab Saudi, kekuatan Arab Sunni utama di Teluk, bersama empat anggota negara Teluk yang tergabung dalam GCC meluncurkan kampanye udara pada 26 Maret untuk mencoba membendung gerak maju pemberontak Syi'ah Houtsi dan mengembalikan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang telah melarikan diri Aden untuk berlindung di Riyadh, pada kekuasaannya yang sah. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version