View Full Version
Selasa, 12 May 2015

Pentagon Peringatkan Rudal Nuklir Cina Bisa Capai Seluruh Wilayah AS

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) Pentagon telah memperingatkan dalam sebuah laporan baru bahwa Cina saat ini memiliki puluhan rudal berkemampuan nuklir yang bisa menargetkan hampir keseluruhan dari Amerika Serikat.

Laporan Departemen Pertahanan 2015 tentang militer Cina mengklaim bahwa kekuatan Asia itu memiliki kemampuan untuk mengirimkan hulu ledak nuklir hampir kemana saja di bumi, Business Insider melaporkan pada hari Senin (11/5/2015).

Laporan tersebut merinci rencana militer Cina, modernisasi militer mereka, dan memajukan kemampuan rudalnya.

Menurut laporan itu, rudal jarak terjauh Cina, yang dikenal sebagai CSS-4, bisa menargetkan hampir keseluruhan dari AS kecuali Florida.

CSS-4, yang merupakan rudal berkemampuan nuklir, memiliki jangkauan terbesar dari setiap Rudal Balistik Antar Benua Cina (ICBM).

Laporan Pentagon juga mencatat bahwa rudal tersebut bertempat di ruang bawah tanah di pedesaan Cina dan Beijing diperkirakan memiliki antara 50 dan 60 ICBM berbasis ruang bawah tanah.

Laporan itu mengatakan Cina memodernisasi pasukan rudalnya karena "perkembangan terus menerus di AS dan, pada tingkat lebih rendah, strategis ISR ( Surveillance dan Reconnaissance) Rusia, serangan presisi, dan kemampuan pertahanan rudal."

Laporan tahunan kepada Kongres sebelumnya menyatakan bahwa militer Cina menyiapkan untuk membangun hampir 42.000 drone berbasis di darat dan laut.

Cina juga mengembangkan Kendaraan Udara Tanpa Awak (UAV) jarak jauh untuk pengumpulan intelijen dan serangan bom, menurut Pentagon.

"Akuisisi dan pengembangan UAV jarak jauh akan meningkatkan kemampuan China untuk melakukan pengintaian jarak jauh dan operasi serangan," kata laporan tersebut. (st/ptv)


latestnews

View Full Version