View Full Version
Kamis, 14 May 2015

Obama: Iran Negara Sponsor Terorisme

JEDDAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan dalam wawancara ekslusif dengan Asharq Al-Awsat bahwa Iran adalah "negara sponsor terorisme" jadi tepat rasanya bila negara-negara Teluk khawatir akan hal itu.

"Iran dengan jelas terlibat dalam perilaku berbahaya dan mengganggu stabilitas di negara-negara yang berbeda di seluruh wilayah. Iran adalah negara sponsor terorisme. Negara ini membantu menopang rezim Assad di Suriah. Mendukung Hizbullah  (baca;Hizbullat) di Libanon dan Hamas di Jalur Gaza. Negara ini membantu para pemberontak Houtsi di Yaman. Jadi negara di kawasan itu benar menjadi sangat prihatin tentang kegiatan Iran, terutama dukungan mereka untuk proxy kekerasan dalam perbatasan negara-negara lain, "kata Obama kepada koran tersebut sebagaimana dilansir Arab News Kamis (14/5/2015).

Presiden berbicara menjelang KTT Camp David pada Kamis, di mana ia akan menjadi tuan rumah bagi para pemimpin GCC.

Obama mengatakan prioritas utama untuk KTT Camp David adalah untuk "lebih memperkuat kemitraan dekat kami, termasuk kerja sama keamanan kita, dan untuk mendiskusikan bagaimana kami dapat memenuhi tantangan umum bersama-sama. Itu termasuk bekerja untuk menyelesaikan konflik di Timur Tengah yang telah mengambil begitu banyak nyawa tak berdosa dan menyebabkan begitu banyak penderitaan bagi orang-orang di wilayah ini."

Dia mengatakan kepada surat kabar itu: "Seharusnya tidak ada keraguan tentang komitmen Amerika Serikat untuk keamanan kawasan tersebut dan untuk mitra GCC kami."

Wawancara ini menandai pertama kalinya Barack Obama melakukan wawancara dengan sebuah surat kabar Arab. (st/an)


latestnews

View Full Version