View Full Version
Kamis, 13 Aug 2015

15 Polisi Afghanistan Tewas dalam Serangan Taliban di Musa Qala

KANDAHAR, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Mujahidin Taliban yang mengenakan seragam polisi menewaskan hingga 15 polisi setelah menyerbu sebuah pos pemeriksaan keamanan di Afghanistan selatan, kata para pejabat hari Rabu (13/8/2015), dalam serangan terbaru dari ofensif musim semi mereka yang terus meningkat menyusul pergantian pemimpin baru kelompok jihad tersebut.

Serangan pada hari Selasa di distrik Musa Qala di provinsi bergolak Helmand  menyoroti perjuangan brsenjata meluas yang telah menyebabkan pasukan Afghanistan terkepung oleh mujahidin di berbagai bidang pertempuran.

"Sedikitnya sembilan polisi tewas setelah gerilyawan yang menyamar dengan seragam polisi menyerang sebuah pos pemeriksaan di distrik Musa Qala," kata Omar Zwak, Juru bicara gubernur Helmand.

Tapi Shakir Bashir, anggota dewan provinsi, memberikan jumlah yang lebih tinggi, mengatakan 15 polisi tewas dalam serangan larut malam.

Juru bicara Taliban Qari  Yusouf Ahmadi menyatakan kelompoknya beranggung jawab untuk serangan itu.

Taliban sedang meningkatkan ofensif musim panas mereka, yang diiluncurkan pada akhir April lalu.

Gelombang pemboman sejak Jumat lalu di ibukota Kabul telah menewaskan sedikitnya 56 orang dan melukai ratusan, mendorong kemarahan dari Presiden Ashraf Ghani yang justru menyalahkan Pakistan karena gagal mengendalikan Taliban.

Selain itu badan intelijen Afghanistan,hari Rabu juga terang-terangan menyalahkan militer Pakistan atas serangan dahsyat di Kabul.

"Keterlibatan militer Pakistan ... telah dikonfirmasi kepada kami oleh banyak sumber," Haseeb Sediqi, Juru bicara Direktorat Nasional Keamanan (NDS), mengatakan dalam sebuah konferensi pers.

"Mereka menggunakan kekuatan proksi mereka, Jaringan Haqqani (sekutu-Taliban) untuk melakukan serangan berdarah ini. (st/dawn)


latestnews

View Full Version