View Full Version
Kamis, 24 Sep 2015

SOHR: Militer Suriah Gunakan Jet Tempur Baru dari Rusia untuk Gempur Daulah Islam (IS)

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Pasukan pemerintah Suriah menggunakan pesawat tempur Rusia yang baru tiba untuk membombardir posisi Daulah Islam (IS) di provinsi Aleppo di Suriah utara, sebuah kelompok monitoring konflik, mengatakan hari Kamis (24/9/2015).

Serangan itu sebagai upaya untuk memecahkan pengepungan yang dilakukan IS di sebuah pangkalan udara di dekatnya.

Rusia sedang memperkuat sekutunya Damaskus dengan bantuan militer baru yang para pejabat AS katakan sudah termasuk jet tempur, helikopter tempur, senjata artileri dan pasukan darat.

Serangan udara tersebut, yang dimulai awal pekan ini, disertai dengan serangan darat di dekat pangkalan udara Kweiris di timur provinsi Aleppo, di mana pasukan pemerintah telah lama dikelilingi oleh IS,  Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berbasis di London mengatakan.

Jet-jet tempur Rusia "baru-baru ini" tiba di Suriah, tetapi sedang diterbangkan oleh pilot Suriah, kata Observatorium, yang melacak perang melalui jaringan sumber di lapangan.

Banyak negara-negara Barat telah bereaksi dengan peringatan kepada peningkatan dukungan militer Moskow untuk Presiden Bashar al-Assad, yang mereka tentang. Tapi munculnya musuh bersama, Daulah Islam, telah mengakibatkan perpecahan itu kurang jelas.

Amerika Serikat telah meluncurkan kampanye udara sendiri terhadap mujahidin di Suriah dan Irak. Keterlibatan kuat Rusia di Suriah berarti pasukan bekas musuh Perang Dingin itu bisa bertemu satu sama lain karena mereka memerangi musuh yang sama.

Rusia mengatakan Assad harus menjadi bagian dari upaya internasional untuk memerangi mujahidin, sementara Amerika Serikat percaya bahwa dia adalah bagian dari masalah. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version