View Full Version
Jum'at, 13 Nov 2015

AS Tergetkan 'Jihadi John' dalam Serangan Udara di Raqqa

WASHINGTON (voa-islam.com) - Mohammed Emwazi, seorang tentara Daulah Islam (IS) terkenal yang juga dikenal sebagai 'Jihad John,' telah ditargetkan dalam sebuah serangan udara AS di Suriah, Pentagon mengatakan.

Serangan pesawat tak berawak di dekat kota Raqqah Suriah tersebut menargetkan warga negara Inggris yang bertanggung jawab atas beberapa pemenggalan yang ditampilkan dalam video propaganda IS, kata sekretaris pers Pentagon Peter Cook pada Kamis (12/11/2015) malam setelah serangan pada hari sebelumnya.

Cook menambahkan Pentagon masih berusaha untuk mencari tahu apakah Emwazi telah tewas, mengatakan, "Kami sedang menilai hasil operasi malam ini dan akan memberikan informasi tambahan saat dan mana yang sesuai."

Pejabat AS lain yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa sebuah pertemuan para anggota IS yang ditargetkan dalam serangan itu kemungkinan termasuk para anggota Daulah Islam berbahasa Inggris lainnya yang secara kolektif dikenal di antara tawanan mereka sebagai "The Beatles" karena aksen Inggris mereka, Washington Post melaporkan.erangan

'Jihadi John' gugur dalam serangan udara AS di Raqqa

Sementara itu, kepala Observetorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) Rami Abdel Rahman mengatakan hari Jum'at bahwa serangan udara AS terhadap sebuah gedung di kota Raqqa Suriah telah menewaskan 'Jihadi John' dan tiga warga negara Inggris lainnya.

"Seluruh sumber-sumber di sana mengatakan jenazah seorang ekstrimis penting asal Inggris terbaring di rumah sakit di Raqqa. Seluruh sumber mengatakan itu adalah Jihadi John, namun demikian saya tidak bisa mengkonfirmasi hal itu secara personal."

Mohammed Emwazi alias 'Jihadi John' telah muncul dalam tujuh video yang dirilis oleh IS sejak Agustus 2014, ketika ia memenggal wartawan AS James Foley. Pada bulan September 2014, ia muncul dalam video lain yang menunjukkan pemenggalan kepala seorang wartawan AS kedua bernama Steve Sotloff serta pekerja bantuan Inggris David Haines.

'Jihad John' juga muncul dalam sebuah video yang dirilis pada bulan Oktober, di mana ia konon membunuh pekerja bantuan Inggris Alan Henning dan seorang tentara Suriah. Dalam video bulan November 2014, dia membunuh pekerja AS bantuan Abdul-Rahman Kassig, juga dikenal sebagai Peter Kassig.

Kembali pada bulan Januari, Emwazi juga ditampilkan dalam rekaman di mana ia tampaknya memenggal kepala sandera Jepang Kenji Goto. (st/ptv)


latestnews

View Full Version