View Full Version
Ahad, 15 Nov 2015

Capres AS Donald Trump Serukan Warga Prancis Diizinkan Bawa Senjata

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump mengatakan korban serangan di Paris akan memiliki kesempatan yang lebih baik membela diri jika mereka diizinkan untuk membawa senjata.

"Ketika Anda melihat Paris - Anda tahu undang-undang senjata paling sulit di dunia, Paris -.. Tidak ada seorang pun yang memiliki senjata kecuali orang-orang jahat, tidak ada seorang pun yang memiliki senjata, tidak ada seorang pun," Trump mengatakan pada pawai kampanye di Beaumont, Texas, pada hari Sabtu (14/11/2015).

"Mereka hanya ditembaki oleh mereka (penyerang-Red) satu per satu dan kemudian mereka (aparat keamanan) menerobos dan terlibat baku tembak besar dan akhirnya membunuh para teroris," tambahnya.

Pada Jum'at malam, setidaknya 129 orang tewas dalam beberapa serangan terkoordinasi dalam salah satu serangan paling mematikan untuk menghantam ibukota Perancis sejak Perang Dunia II. Sekitar 352 juga terluka - termasuk 99 yang berada dalam kondisi kritis - dalam serangan tersebut.

Pada hari Sabtu, IS menyatakan bertanggung jawab atas serangan, menyebut serangan-serangn itu sebagai "yang pertama dari badai" dan mengecam Prancis sebagai "ibukota prostitusi dan kecabulan."

"Anda dapat mengatakan apa yang Anda inginkan, tetapi jika mereka memiliki senjata, jika orang-orang kita memiliki senjata, jika mereka diizinkan untuk membawanya ..." Trump mengatakan, "Situasi ini pasti akan jauh, jauh berbeda."

Trump membuat komentar serupa pada Oktober setelah seorang pria bersenjata, yang diidentifikasi sebagai Chris Harper Mercer, melepaskan tembakan di dalam ruang kelas di Umpqua Community College dekat Roseburg, Oregon dan menewaskan sembilan orang dan melukai tujuh lainnya.

Trump mengatakan bahwa guru bersenjata bisa mencegah amukan mematikan tersebut. "Aku akan memberitahu Anda, jika Anda memiliki beberapa guru atau seseorang dengan senjata di ruangan itu, Anda akan menjadian sebuah neraka yang lebih baik."

Senjata penyebab kematian puluhan ribu orang di AS

Menurut Centers for Disease Control (CDC), senjata api adalah penyebab kematian lebih dari 33.000 orang di Amerika Serikat setiap tahun, angka itu meliputi insiden tanpa sengaja, pembunuhan dan bunuh diri.

Itu berarti senjata api membunuh lebih banyak orang di Amerika setiap enam jam dari pada serangan yang dilakukan para mujahid srigala tunggal di sepanjang tahun 2014.

Selain itu, lebih dari 73.000 orang Amerika dirawat di rumah sakit karena luka-terkait senjata pada tahun 2010, menurut Pusat Hukum untuk Pencegahan Kekerasan Senjata.

Tahun ini adalah di jalur untuk memecahkan rekor. Ada total 39.449 insiden terkait senjata dan 9.940 kematian sejauh ini di tahun 2015, menurut Arsip Kekerasan Senjata. Dari mereka, 550 orang di antaranya adalah anak-anak di bawah 13 tahun. (st/ptv)


latestnews

View Full Version