View Full Version
Selasa, 15 Nov 2016

Negara Timur Tengah dan Afrika Utara Sebut Pemerintah Syi'ah Iran Sponsori Terorisme

TIMUR TENGAH (voa-islam.com) - Sebelas negara Timur Tengah dan Afrika Utara menuduh Iran mensponsori "terorisme" dan terus-menerus ikut campur dalam urusan internal negara-negara Arab, memicu ketegangan dan ketidakstabilan di kawasan itu.

Dalam sebuah surat kepada Majelis Umum PBB yang beredar Senin (14/11/2016), 11 negara itu mengutip dukungan Iran untuk pemberontak Syi'ah Houthi di Yaman dan kelompok Syi'ah Hizbullata Syiah di Libanon yang telah mengirimkan petempur mereka untuk mendukung pemerintah Suriah. Mereka juga mengatakan Iran mendukung "kelompok-kelompok dan sel-sel teroris" di Bahrain, Irak, Arab Saudi, Kuwait dan di tempat lain.

Mereka menegaskan pernyataan menteri luar negeri Bahrain pada bulan September bahwa satu-satunya cara ke depan untuk Iran "agar secara komprehensif mengubah kebijakan luar negerinya dan mengkhiri permusuhan."

Surat itu, yang diselenggarakan oleh Uni Emirat Arab, ditandatangani antara lain oleh Arab Saudi, Mesir dan Yordania.

Iran merupakan penyedia senjata untuk pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman Syi'yang telah merebut kekuasaan di negara yang berpenduduk mayoritas Sunni tersebut. Negara itu juga mengirim senjata kepada milisi Syi'ah brutal Hashid Shaabi atau Unit Mobilisasi Pupoler di Irak dan Syi'ah Hizbullata di Libanon yang telah dicap dunia sebagai organisasi teroris. (st/ahram)


latestnews

View Full Version