View Full Version
Senin, 16 Sep 2019

Meski Dikecam, Menteri Perumahan Malaysia Tetap Ingin Jual Properti Mewah ke Cina dan Hongkong

KUALA LUMPUR, MALAYSIA (voa-islam.com) - Menteri Perumahan dan Pemerintah Daerah Malaysia Zuraida Kamaruddin, Senin (16/9/2019) membela usulannya untuk memasarkan properti mewah yang tidak terjual kepada pembeli dari Cina dan Hong Kong, menunjukkan bahwa ini akan membantu menyelesaikan situasi kelebihan pasokan.

Ini terjadi setelah proposalnya mendapat kecaman dari beberapa politisi, termasuk wakil ketua sayap perempuan Partai Keadilan Rakyat (PKR) Faizah Ariffin, yang mengatakan bahwa proposal tersebut akan mengakibatkan negara tersebut dimiliki oleh orang asing.

Berbicara setelah upacara untuk menyampaikan status kota di Seberang Perai di Penang, Zuraida mengatakan usulannya di bawah program Malaysia My Second Home (MM2H) akan mengatasi kelebihan di segmen properti kelas atas.

"Kami sedang berusaha menyelesaikan situasi saat ini (kelebihan pasokan) untuk memacu perekonomian," katanya seperti dikutip oleh Insight Malaysia.

"Ini akan membantu dalam hal prospek ekonomi, pasar kerja, dan untuk memperkuat proyek perumahan yang terjangkau."

Pekan lalu, menteri, yang juga kepala perempuan PKR, mengatakan pemerintah sedang mencari cara untuk menyelenggarakan Kampanye Kepemilikan Rumah (HOC) baik di Cina atau Hong Kong untuk menarik pembeli untuk berinvestasi di properti Malaysia.

"Saya berpikir bahwa kita dapat mengatur kampanye HOC ini (di Cina atau di Hong Kong) ... (karena) lebih murah untuk membeli rumah di sini," katanya.

Sang menteri mengatakan dia akan meminta persetujuan Kabinet setelah membahas masalah tersebut dengan Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Mohammadin Ketapi.

Namun, Faizah mengkritik proposal tersebut, mengatakan bahwa itu menunjukkan kegagalan menteri dalam memimpin pelayanannya untuk mengatasi masalah tersebut.

Dalam sebuah postingan Facebook pada 12 September, Faizah menulis: “Bayangkan jika seruannya menjadi kenyataan? Ini mirip dengan tanah air kita yang menjadi milik orang lain ketika warga negara kita sendiri tidak dapat membeli properti. ”

Dia menambahkan bahwa kementerian perumahan harus membuat kebijakan atau pedoman yang lebih serius untuk mendorong pengembang mengejar proyek perumahan yang lebih terjangkau bagi warga negara, terutama mereka yang berada dalam kelompok berpenghasilan rendah.

“Saya juga ingin mengingatkan Zuraida untuk menggunakan semua saluran yang tersedia untuk mengumpulkan umpan balik jika dia tidak lagi bisa berpikir rasional. Dengan kata lain, jika dia tidak dapat melaksanakan tanggung jawabnya, tolong berikan peran itu kepada seseorang yang lebih bijaksana dan berkualitas.

Pada hari Senin, Zuraida menambahkan bahwa kementeriannya mengambil stok properti mewah yang tidak terjual, termasuk properti komersial, bernilai sekitar RM100 miliar (US $ 24 miliar).

“Jika kita tidak mencairkan larangan properti mewah, akan ada gedung-gedung tua yang ditinggalkan dan kotor. Apakah kita menginginkan itu di Malaysia? Kami akan menyesalinya nanti, ”katanya, menurut Malaysian Insight.

"Kami akan mengatasi masalah ini sesuai prosedur, bukan melelang seperti pisang goreng." (st/CNA)


latestnews

View Full Version