View Full Version
Selasa, 22 Oct 2019

2 Pasukan Syi'ah Irak Tewas dalam Serangan Pejuang IS di Ladang Minyak Alas Shalahuddin

SHALAHUDDIN, IRAK (voa-islam.com) - Serangan kelompok Islamic State (IS) terhadap dua pos pemeriksaan keamanan di Irak utara telah menewaskan dua pasukan keamanan dan melukai tiga lainnya, menurut militer Syi'ah Irak.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (21/10/2019), militer Syi'ah Irak mengatakan serangan itu diluncurkan di daerah ladang minyak Alas di provinsi Salahuddin utara.

"Unsur-unsur gerombolan teroris Daesh menyerang dua pos pemeriksaan keamanan di daerah ladang minyak Alas di provinsi Salahuddin, dan sebuah alat peledak improvisasi meledakkan sebuah kendaraan milik pasukan keamanan yang ditempatkan di sana, yang menyebabkan kemartiran mereka berdua," kata pernyataan itu menyebut akronim Arab untuk Islamic State.

Para jihadis juga menembaki pasukan keamanan yang berusaha mengevakuasi jenazah, melukai tiga lainnya.

Serangan itu diluncurkan ketika pasukan pemerintah Syi'ah Irak, didukung oleh milisi Syi'ah sekutu dari Unit Mobilisasi Populer, telah melakukan operasi pembersihan terhadap sisa-sisa kelompok IS di seluruh negeri, menewaskan puluhan ekstremis dalam proses itu.

Islamic State telah dibersihkan dari hampir seluruh wilayah yang digunakannya untuk mengendalikan di Irak dan Suriah yang berdekatan. Namun, serangan sporadis oleh kelompok tersebut masih dilaporkan terjadi di kedua negara.

Pada bulan Februari, Perdana Menteri Irak Adel Abdul-Mahdi mengatakan ia prihatin dengan perkembangan di Suriah, di mana pejuang Islamic State kehilangan benteng terakhir mereka di tepi timur Sungai Eufrat dan mulai melarikan diri berbondong-bondong menuju daerah gurun di Anbar Irak.

Perkembangan terakhir di Suriah utara, di mana militer Turki melancarkan operasi terhadap gerilyawan Kurdi setelah penarikan pasukan AS dari kawasan itu, telah meningkatkan kekhawatiran tentang kelahiran kembali Islamic State terutama di daerah-daerah yang dekat dengan perbatasan Irak. (ptv)


latestnews

View Full Version