View Full Version
Selasa, 22 Oct 2019

Pejabat Hamas: Agen Asing Siksa Para Tahanan Palestina di Penjara Saudi

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Tahanan Palestina di dalam penjara Saudi sedang diinterogasi dan disiksa oleh agen asing, kata pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri, Senin (21/10/2019).

Berbicara kepada Kantor Berita Shehab, Abu Zuhri mengatakan: "Sayangnya, para tahanan sedang diinterogasi dan disiksa dengan kejam oleh interogator asing dari berbagai negara."

"Ada sekitar 60 tahanan Palestina di dalam penjara Saudi, termasuk beberapa pro atau anggota Hamas," kata Abu Zuhri, mencatat bahwa beberapa dari mereka telah menghabiskan lebih dari tiga dekade di Arab Saudi dan berkontribusi untuk membangun negara itu.

"Penahanan mereka mengejutkan kami dan mereka karena itu tidak dibenarkan dan tidak dipahami."

Abu Zuhri mengatakan bahwa gerakannya telah melakukan banyak upaya, termasuk menghubungi pejabat Saudi dan bukan-Saudi melalui cara langsung dan tidak langsung tetapi tidak dapat mengatur pembebasan para tahanan.

Dia menekankan bahwa gerakannya tidak berhenti bekerja untuk mengakhiri krisis, dengan menyatakan "ini tidak dibenarkan karena Saudi telah dan masih merupakan pendukung Palestina dan perjuangan mereka."

Bulan lalu, kelompok-kelompok hak asasi manusia dan Hamas mengungkapkan bahwa Arab Saudi telah menangkap sekitar 60 warga Palestina terkait klaim hubungan dengan gerakan perlawanan Palestina tersebut, yang menyatakan bahwa mereka telah menghilang selama berbulan-bulan tanpa keluarga mereka mengetahui apa pun tentang keberadaan mereka. LSM Euro-Med Observer melaporkan salah satu tahanan yang dibebaskan mengatakan bahwa ia dan yang lainnya menjadi sasaran penyiksaan fisik dan verbal.

Hamas juga mengungkapkan bahwa pejabat utamanya di kerajaan itu, Mohammed Al-Khodari, 81, juga telah ditangkap. (MeMo)


latestnews

View Full Version