View Full Version
Kamis, 21 Nov 2019

Pejabat AS: Islamic State Akan Pecah Sistem Pendanaan Menyusul Kematian Al-Baghdadi

LUKSEMBURG (voa-islam.com) - Pendanaan kelompok Islamic State (IS) kemungkinan akan bergeser dari sistem "terpusat" di Irak dan Suriah ke sistem yang jauh lebih terpecah setelah kematian pemimpinnya, kata seorang pejabat Amerika Serikat, Rabu (20/11/2019).

"Mereka masih memiliki akses ke jutaan dolar," Marshall Billingslea, asisten menteri keuangan AS untuk pendanaan jihadis, mengatakan kepada wartawan setelah menghadiri pertemuan Luksemburg yang berfokus pada perlawanan terhadap IS.

Dia mengatakan bahwa operasi keuangan kelompok itu diperkirakan akan pindah "dari model terpusat di Irak dan Suriah ke pendekatan yang jauh lebih regional" karena beradaptasi untuk mengatasi kematian pemimpin mereka Abu Bakar al-Baghdadi.

Al-Baghdadi meninggal pada 26 Oktober saat pasukan khusus AS menyerang tempat persembunyiannya di Suriah barat laut.

Billingslea meramalkan bahwa IS akan mengandalkan "pada badan-badan regional mereka yang berbeda untuk menjadi lebih mandiri", terutama melalui tebusan dari penculikan, pajak dan sebagainya.

Pertemuan Luksemburg mempertemukan perwakilan negara-negara dalam koalisi yang telah dibentuk untuk memerangi pendanaan IS, di bawah bendera Counter ISIS Finance Group.

Koalisi, yang dipimpin oleh AS, Italia, dan Arab Saudi, menyambut dua anggota baru: Malaysia dan Thailand. Mereka bertemu dua kali setahun di lokasi yang berbeda yang tidak dikomunikasikan sebelumnya.

Pada hari Senin, departemen Keuangan AS menambahkan delapan perusahaan dan individu di Turki, Suriah, Teluk dan Eropa ke daftar sanksi karena diduga memberikan dukungan keuangan kepada kelompok Islamic State. (TNA)


latestnews

View Full Version