View Full Version
Sabtu, 18 Jan 2020

Erdogan: Eropa Akan Hadapi Ancaman Teror Jika Pemerintah Tripoli Jatuh

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memperingatkan Eropa bahwa negara itu dapat menghadapi ancaman baru dari organisasi teroris jika pemerintah Libya yang diakui PBB di Tripoli jatuh, dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Politico, Sabtu (18/1/2020).

Dalam artikel tersebut, yang diterbitkan pada malam konferensi perdamaian Libya di Berlin, Erdogan mengatakan kegagalan Uni Eeropa (UE) untuk secara memadai mendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) akan menjadi "pengkhianatan terhadap nilai-nilai intinya sendiri, termasuk demokrasi dan hak asasi manusia. ".

"Eropa akan menghadapi serangkaian masalah dan ancaman baru jika pemerintah sah Libya jatuh," tulis Erdogan.

"Organisasi teroris seperti ISIS dan Al-Qaidah, yang menderita kekalahan militer di Suriah dan Irak, akan menemukan tanah subur untuk bangkit kembali."

GNA yang dipimpin oleh Fayez al-Sarraj  sejak April telah diserang oleh pasukan pemberontak pimpinan Khalifa Haftar yang berbasis di timur negara itu, dengan pertempuran menewaskan lebih dari 280 warga sipil dan 2.000 pejuang.

Dalam sebuah inisiatif bersama, Turki dan Rusia telah menjadi perantara gencatan senjata tetapi Haftar meninggalkan pembicaraan di Moskow pekan ini yang bertujuan untuk menyelesaikan perjanjian gencatan senjata.

Erdogan yang geram telah menuduh Haftar melarikan diri dari Moskow dan mengatakan dia akan "memberinya pelajaran" jika dia melanjutkan pertempuran.

Pemerintah Erdogan mendukung Sarraj dan parlemen Turki menyetujui pengerahan pasukan ke Libya awal bulan ini setelah penandatanganan perjanjian kontroversial keamanan dan maritim antara Tripoli dan Ankara.

"Meninggalkan Libya dengan belas kasihan seorang panglima perang akan menjadi kesalahan proporsi bersejarah," katanya, dalam referensi terselubung untuk Haftar. (AFP)


latestnews

View Full Version