View Full Version
Rabu, 22 Jan 2020

Adel Al-Jubeir: Iran 'Sponsor Terbesar Terorisme di Dunia'

BRUSSELS, BELGIA (voa-islam.com) - Menteri Negara Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir meminta komunitas internasional untuk melanjutkan tekanannya pada rezim Iran untuk mengubah perilaku destruktifnya di kawasan itu, dengan menyebut Republik Syi'ah tersebut sebagai "sponsor terorisme terbesar di dunia."

Selama sesi yang diselenggarakan oleh Komite Urusan Luar Negeri Parlemen Eropa yang diadakan di Brussels, Menteri al-Jubeir membahas beberapa masalah yang mempengaruhi stabilitas kawasan.

Dia mengatakan Arab Saudi mengulurkan tangannya ke Iran sejak 1979 tetapi tidak melihat apa-apa "selain kematian dan kehancuran."

“Mereka [rezim Iran] tidak percaya pada prinsip tanpa campur tangan. Mereka adalah sponsor terbesar terorisme di dunia, itu sebabnya kami memiliki masalah dengan Iran, "kata al-Jubeir di depan Parlemen Eropa.

Dia menambahkan bahwa "tekanan perlu dilanjutkan pada Iran" sehingga itu mengubah perilakunya di wilayah tersebut.

Berbicara tentang protes yang belum pernah terjadi sebelumnya di Iran, Irak dan Libanon, al-Jubeir mengatakan rezim Iran kehilangan pengaruh secara internal dan regional.

"Sekarang Iran [rezim Iran] dalam keadaan defensif, mereka memiliki demonstrasi di Iran, Anda memiliki Syi'ah yang berdemonstrasi di Irak melawan pengaruh Iran dan Anda memiliki demonstrasi di Lebanon melawan Hizbullah (baca; Hizbulata). Ini semua adalah reaksi terhadap kebijakan agresif Iran di kawasan itu," kata al-Jubeir.

Mengenai krisis Yaman, al-Jubeir menegaskan sikap kerajaan ke arah mencapai solusi politik untuk mengakhiri perang di Yaman.

“Kami telah bekerja menurunkan eskalasi. Houtsi telah mengurangi serangan rudal mereka terhadap Arab Saudi. Operasi militer di Yaman kini jauh berkurang - hingga 80 persen. Ada langkah-langkah membangun kepercayaan diri terkait dengan pelabuhan dan bandara dan pertukaran tahanan. "

Al-Jubeir menunjukkan bahwa komunitas internasional berhenti menyalahkan pemberontak Syi'ah Houtsi sekutu Iran atas pembunuhan dan pembusukan ribuan warga Yaman yang tidak bersalah. "Tidak ada yang mengatakan apa-apa, dan (justru) kami disalahkan. Ada sesuatu yang secara fundamental salah dengan gambar ini, ”katanya.

Dia mengatakan Arab Saudi memberikan $ 14 miliar kepada Yaman dalam bantuan ekonomi dan kemanusiaan, "lebih dari negara mana pun di dunia" tetapi pemberontak Syi'ah kaki tangan Iran tersebut mencuri bantuan itu.

Al-Jubeir mengatakan pemberontak Syi'ah Houtsi melancarkan lebih dari 300 serangan rudal balistik terhadap kerajaan dan lebih dari 200 serangan pesawat tanpa awak dan tidak ada yang menyalahkan tindakan ini.

"Orang-orang Houtsi mengepung kota-kota dan desa-desa dan membawa rakyat mereka kelaparan dan koalisi [koalisi Arab yang mendukung pemerintah Yaman yang sah] disalahkan."

Dia mengatakan Uni Eropa memiliki peran militer dan ekonomi yang penting untuk dimainkan di kawasan itu. (Aby)


latestnews

View Full Version