View Full Version
Jum'at, 29 May 2020

AS Tawarkan 3 Juta USD untuk Penangkapan Pemimpin Senior IS Abu Bakr Al-Gharib

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Amerika Serikat, Kamis (28/5/2020), mengatakan akan menawarkan hingga $ 3 juta untuk penangkapan seorang pemimpin senior Islammic State (IS) yang telah mengawasi video eksekusi kelompok tersebut.

Departemen Luar Negeri mengatakan akan memberikan hadiah sebagai imbalan atas informasi lokasi atau identifikasi lebih lanjut Muhammad Khadir Musa Ramadhan kelahiran Yordania, juga dikenal sebagai Abu Bakar al-Gharib.

"Dia telah mengawasi perencanaan, koordinasi dan produksi berbagai video propaganda, publikasi, dan platform online yang mencakup adegan penyiksaan yang brutal dan kejam serta eksekusi massal warga sipil tak berdosa," kata Deplu AS dalam sebuah pernyataan.

Pasukan khusus AS pada Oktober menewaskan pemimpin kelompok itu, Abu Bakar al-Baghdadi di dalam wilayah Suriah, tempat mereka pernah menjalankan kekhalifahan  yang merentang hingga ke Irak.

Kelompok itu melakukan eksekusi dan memperbudak non-Muslim, dengan video-video perbuatan mereka yang digunakan untuk merekrut pejuang dari seluruh dunia.

Sebuah kampanye militer yang didukung Barat menghancurkan bekas benteng kelompok itu, tetapi serangan yang terkait dengan IS telah meningkat lebih jauh, termasuk di Afghanistan dan Afrika sub-Sahara. (Aby)


latestnews

View Full Version