View Full Version
Jum'at, 03 Jul 2020

Virus Corona Diduga Menyebar di Kedutaan Besar AS di Riyadh Saudi, Lusinan Karyawan Jatuh Sakit

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Lusinan karyawan kedutaan Amerika Serikat di Riyadh jatuh sakit bulan lalu di tengah kekhawatiran bahwa wabah virus Corona mungkin membahayakan kesehatan dan kehidupan para diplomat dan karyawan kedutaan.

Lebih dari 20 orang dikarantina, dengan kekhawatiran bahwa virus itu menyebar karena kelalaian dari pemerintah Arab Saudi setelah pesta ulang tahun menjadi tempat asal potensial bagi penularan COVID-19.

Seorang pekerja asal Sudan yang bertugas sebagai pengemudi untuk para diplomat AS telah tewas.

Sebuah laporan yang menganalisis pandemi virus Corona di Kerajaan beredar di saluran tertutup di Riyadh dan Washington membandingkan situasi dengan Kota New York pada bulan Maret, yang pada saat itu berada pada malam ledakan kasus, The New York Times melaporkan.

Penilaian tersebut menyalahkan respons pemerintah Saudi atas potensi lonjakan kasus, dengan rumah sakit tidak didukung dan pekerja perawatan menjadi sakit.

Telah disarankan bahwa lonjakan ini akan terjadi pada bulan Juli dan mungkin akan ada kekurangan tempat tidur rumah sakit.

The New York Times melaporkan bahwa beberapa orang di kedutaan mengambil saluran tidak resmi untuk menghubungi Kongres dan mengklaim bahwa baik Departemen Luar Negeri, maupun duta besar AS untuk Arab Saudi, John P Abizaid, menanggapi situasi ini dengan serius.

Mereka meminta pemerintah AS untuk mengevakuasi karyawan Kedutaan Besar Amerika dan keluarga mereka.

Dalam tanggapan yang tampaknya suam-suam kuku, Departemen Luar Negeri mengumumkan "kepergian sukarela personel dan anggota keluarga non-darurat AS dari Misi AS untuk Arab Saudi".

Namun, beberapa pejabat senior kedutaan berpikir ini tidak cukup, mengingat bahwa mereka telah mendorong evakuasi sekitar 400 hingga 500 karyawan Amerika di Riyadh.

Pejabat departemen mengatakan bahwa 32 dari 50 karyawan kedutaan dikonfirmasi atau diperkirakan terinfeksi COVID-19 telah pulih.

Sebagian besar, tambah pejabat itu, bukan warga negara Amerika.

Departemen Luar Negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada The New York Times pada hari Rabu bahwa pihaknya "tidak memiliki prioritas lebih tinggi daripada memastikan keselamatan personel pemerintah AS dan warga negara AS."

Dikatakan bahwa kepergian sukarela "sesuai mengingat kondisi saat ini terkait dengan pandemi" dan bahwa "pandemi telah mempengaruhi staf misi dan komunitas kami di Arab Saudi."

Seorang mantan perwira CIA, Douglas London, mengatakan AS melangkah hati-hati karena menenangkan Arab Saudi dan menjaga hubungan dekat kedua negara adalah yang terpenting.

"Saudi tidak pernah secara halus menghalangi para pejabat AS dari tindakan luar yang mungkin membuat kerajaan itu tampak lemah, tidak kompeten, atau rentan dalam masa-masa sulit," katanya.

Arab Saudi telah melaporkan sekitar 4.000 kasus baru virus Corona per hari, di antara jumlah kasus yang tumbuh paling cepat di dunia.

Saat ini ada lebih dari 194.000 kasus virus Corona yang tercatat di Arab Saudi dan 1.698 kematian. (TNA)


latestnews

View Full Version