View Full Version
Ahad, 05 Jul 2020

Afiliasi IS di Sinai Eksekusi 3 Warga Sipil yang Bekerja Sama Dengan Pasukan Keamanan Mesir

SEMENANJUNG SINAI, MESIR (voa-islam.com) - Afiliasi Islamic State (IS) di semenanjung Sinai Mesir menewaskan tiga warga sipil di dekat kota Sheikh Zuwayed di timur laut semenanjung itu pada Sabtu (4/7/2020) pagi, menuduh mereka bekerja sama dengan pasukan keamanan Mesir.

Sumber-sumber suku setempat mengatakan kepada layanan bahasa Arab New Arab bahwa gerilyawan dari kelompok “Provinsi Sinai” (Wilayat Sinai) yang berafiliasi dengan IS mengambil keuntungan dari kondisi cuaca berkabut untuk menyusup ke desa Al-Jura dekat Sheikh Zuwayed dan menyerang sejumlah anggota dari suku Sawarkah.

Tiga orang yang terbunuh adalah Salama Al-Bali, seorang hakim, Mahmoud Khedr, seorang akuntan, dan putra Khedr, Mohammed.

Dua orang lainnya terluka dan mereka dibawa ke rumah sakit setelah para jihadis menarik diri dari daerah itu.

Pasukan dari tentara Mesir juga memasuki desa itu setelah jihadis yang berafiliasi dengan IS menarik diri.

Jihadis di Sinai telah melancarkan pemberontakan terhadap negara Mesir sejak 2011, menewaskan puluhan tentara Mesir. Pemberontakan semakin intensif setelah kudeta militer tahun 2013 yang dipimpin oleh presiden yang saat itu menjabat sebagai panglima militer Abdel Fattah al-Sisi 2013.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia pemerintah Mesir dan gerilyawan melakukan pelanggaran HAM berat, dengan mengatakan bahwa tentara Mesir telah membunuh warga sipil dalam kampanye melawan kelompok yang berafiliasi dengan IS.

Tentara Mesir mengklaim bahwa mereka membunuh lusinan IS yang berafiliasi pada Mei, tetapi sumber-sumber lokal mengatakan mereka telah mengeksekusi warga sipil yang juga ditahan. (TNA)


latestnews

View Full Version