View Full Version
Senin, 27 Jul 2020

Inggris Latih Latih Mata-mata Dari Saudi, Mesir dan Uni Emirat Arab

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Badan-badan intelijen Inggris telah terlibat dalam pelatihan mata-mata senior dari Arab Saudi, Mesir dan Uni Emirat Arab, sebuah penyelidikan oleh Declassified UK telah ditemukan. Pelatihan oleh personel dari badan mata-mata MI5 dan MI6 tampaknya berlangsung selama 11 hari Kursus Direktur Intelijen Internasional pada tahun 2019, dan juga termasuk pejabat dari Yordania, Oman, Aljazair, Pakistan dan Afghanistan, antara lain.

Tempat-tempat di kursus tahunan, yang dijalankan oleh Kelompok Pelatihan Intelijen Gabungan Inggris (JITG) di pangkalan militer di Bedfordshire, tampaknya sangat selektif, kata temuan Declassified UK. Hanya satu siswa per negara yang dapat mengikuti kursus, dengan "tawaran (untuk tempat) [diundang], tetapi tempat hanya ditawarkan setelah sebuah alokasi pertemuan," menurut brosur.

Kursus JITG telah diadakan sejak 2004 dan ditujukan untuk perwira yang akan, atau yang sudah bertugas di posisi senior di badan intelijen asing. Personel intelijen Inggris tingkat tinggi diperkirakan menjalankannya.

Program 11 hari mencakup berbagai topik, termasuk "peran media", "kebijakan keamanan" dan "tantangan berbagi data intelijen". Ini juga melibatkan pidato dari kepala dan wakil kepala Intelijen Pertahanan.

Di masa lalu, Kementerian Pertahanan Inggris telah mengklaim bahwa kursus itu "memberikan peluang signifikan bagi diplomasi intelijen di tingkat tertinggi" dan "terus menarik minat tingkat tinggi dari semua benua."

Mahasiswa PhD Universitas Durham, Matthew Hedges, yang dipenjara di UEA selama hampir tujuh bulan pada tahun 2018 dengan tuduhan spionase di mana ia secara fisik terancam dan menghadapi siksaan psikologis, mengecam fakta bahwa Inggris melatih petugas intelijen UEA.

"Inggris telah lama menggunakan perusahaan keamanannya untuk membina hubungan untuk membantu memajukan kepentingannya," katanya kepada Declassified UK. "Pengalaman seperti saya, di mana penyiksaan dibuktikan dan Inggris secara langsung terlibat dalam penahanan saya, menyoroti strategi Inggris yang kontradiktif dan gagal untuk membina hubungan keamanan." Dia bertanya apakah Inggris dapat menjamin bahwa UEA tidak akan menjadi lawan aktif dalam waktu dekat. "Jika tidak, mengapa Inggris melatih orang-orangnya dalam masalah intelijen?" (MeMo)


latestnews

View Full Version