View Full Version
Selasa, 04 Aug 2020

Pesawat Kargo Rusia Lakukan Pengiriman Persenjataan Baru ke Pasukan Haftar

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Tentara Libya pada hari Ahad (2/8/2020) mengatakan pesawat kargo buatan Rusia melakukan pengiriman militer baru ke pasukan yang setia kepada panglima pemberontak Khalifa Haftar.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Jenderal Abdulhadi Dirah, juru bicara Unit Operasi Bersama Sirte-Jufra, mengatakan bahwa membawa amunisi militer, pesawat jenis Ilyushin melakukan lima penerbangan ke provinsi Sirte dan Jufra pada hari Sabtu.

Mengangkut tentara rezim Bashar al-Assad, dua penerbangan dilakukan dari Suriah ke Benghazi, kota Libya terbesar kedua, yang merupakan pusat pasukan Haftar, kata Dirah.

Libya telah dihancurkan oleh perang saudara sejak penggulingan mendiang penguasa Muammar Khadafi pada 2011. Pemerintah didirikan pada 2015 di bawah perjanjian yang dipimpin PBB, tetapi upaya penyelesaian politik jangka panjang gagal karena serangan militer oleh pasukan yang setia kepada panglima pemberontak Khalifa Haftar.

PBB mengakui pemerintah yang dipimpin oleh Fayyez al-Sarraj sebagai otoritas sah negara itu, ketika mereka telah memerangi milisi pemberontak pimpinan Khalifa Haftar yang didukung Arab Saudi, Rusia, Mesir, Uni Emirat Arab (UEA), dan Prancis - sejak April 2019 dalam konflik yang telah merenggut lebih dari 1.000 jiwa. (MeMo)


latestnews

View Full Version