View Full Version
Ahad, 17 Jan 2021

5 Anggota Milisi Pro-Assad Tewas dalam Bentrokan dengan Islamic State di Homs

HOMS, SURIAH (voa-islam.com) - Lima anggota milisi Palestina pro-Assad tewas dalam bentrokan dengan kelompok pejuang Islamic State (IS) di gurun Suriah pada hari Sabtu (16/1/2021), situs berita Suriah Enab Baladi melaporkan.

Para petempur tersebut, yang berasal dari milisi Liwaa Al-Quds  yang berjuang bersama pasukan rezim Suriah di Suriah timur, tewas di dekat kota Sukhna di provinsi Homs timur.

Sebuah postingan di halaman Facebook milik Liwaa al-Quds mengkonfirmasi kematian kelima petempur mereka.

Liwaa Al-Quds dibentuk pada tahun 2013 dan merupakan salah satu milisi pro-rezim teroris Assad paling terkemuka di Suriah. Mereka berbasis di Aleppo dan keanggotaannya termasuk pengungsi Palestina yang tinggal di Suriah, serta warga Suriah.

Banyak pejuangnya tewas tahun lalu dalam bentrokan dengan kelompok IS. Lima lagi pejuangnya juga tewas oleh Islamic State dalam penyergapan di dekat Deir Al-Zour September lalu.

Meskipun IS kehilangan kota Baghouz, benteng teritorial terakhir kelompok itu di Suriah pada Maret 2019, para jihadis tersebut telah berkumpul kembali di gurun Suriah antara Deir Al-Zour dan Homs.

Rezim Suriah dan pasukan Rusia terlibat dalam bentrokan yang sering dengan kelompok jihadis tersebut.

Sebuah studi oleh Pusat Studi Strategis Omran mengatakan bahwa Islamic State menggunakan pandemi virus Corona untuk meningkatkan serangan mereka di Suriah pada tahun 2020.

Kelompok itu melakukan hampir 600 serangan sepanjang tahun, menewaskan dan melukai ratusan tentara dan petempur dari tentara rezim teroris Assad dan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi.

Sebagian besar serangan terjadi di provinsi timur Deir Al-Zour. (TNA)


latestnews

View Full Version