View Full Version
Rabu, 16 Jun 2021

Intelijen Turki Tangkap Terduga Anggota Islamic State Paling Dicari Di Suriah

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Pasukan intelijen Turki pekan ini menangkap seorang terduga anggota kelompok Islamic State (IS) di Suriah yang mereka katakan sedang merencanakan serangan lintas batas besar-besaran.

Kasim Guler, yang dikenal dengan nom-de-guerre Abu Usamah Al-Turki, adalah salah satu teroris paling dicari di Turki, kantor berita negara Anadolu melaporkan.

Warga negara Turki itu diduga memegang posisi tingkat tinggi di IS, bertindak sebagai petugas keuangan untuk operasi di Turki, Rusia, dan Eropa.

Pihak berwenang menuduh Guler berencana memasuki Turki secara ilegal dengan bahan peledak dan senjata, kata seorang sumber kepada Anadolu.

Agen dari Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT) mengawasi tersangka di Suriah selama beberapa waktu sebelum menangkapnya dan membawanya ke Turki, kata sumber itu.

Tidak jelas apakah Guler ditangkap di wilayah Suriah yang diduduki Turki atau di tempat lain.

Turki dituduh sering melakukan penculikan ekstrateritorial atau rendisi ilegal, menurut kelompok hak asasi manusia.

Ankara telah "melakukan rendisi ilegal dari lebih banyak negara dalam enam tahun terakhir daripada daerah lain di dunia", klaim Nate Schenkkan dari Freedom House awal tahun ini.

Sebagian besar telah menargetkan tersangka pendukung ulama Fethullah Gulen, yang dituduh Ankara memimpin organisasi teroris yang berusaha menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada 2016.

Setidaknya 100 dugaan penculikan diduga telah terjadi. (TNA)


latestnews

View Full Version