View Full Version
Senin, 26 Jul 2021

Waduh, Studi Baru Di Inggris Temukan Orang Yang Sembuh Dari COVID-19 Alami Penurunan Kecerdasan

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Penurunan kecerdasan yang signifikan terdeteksi pada pasien yang pulih dari virus Corona, terutama di antara mereka yang memiliki kasus virus yang parah, sebuah studi baru yang diterbitkan di Inggris menemukan pekan lalu.

Mereka yang sebelumnya tertular virus mendapat skor lebih rendah pada tes kecerdasan dan penilaian kognitif daripada mereka yang tidak pernah terinfeksi, penelitian yang diterbitkan pada 22 Juli di jurnal The Lancet EClincalMedicine menunjukkan.

Sebelum wabah virus Corona menyebar ke seluruh dunia, Adam Hampshire, ahli saraf kognitif di Imperial College London mulai bekerja dengan BBC dalam studi kognitif nasional untuk menentukan tingkat umum kecerdasan Inggris.

Pada Mei, ketika pandemi telah memaksa negara-negara di seluruh dunia untuk mengunci dan menutup perbatasan mereka, Hampshire dan timnya memasukkan pertanyaan terkait COVID-19 ke dalam survei untuk menentukan apakah penyakit itu akan memiliki efek jangka panjang pada kemampuan kognitif.

“Pada saat penulisan, kami telah mengumpulkan data tes kognitif dan kuesioner yang komprehensif dari sebagian besar masyarakat umum, terutama di Inggris, sebagai bagian dari Great British Intelligence Test - sebuah proyek kolaboratif dengan BBC2 Horizon,” kata para peneliti.

“Selama Mei, di puncak karantina Inggris, kami memperluas kuesioner untuk memasukkan pertanyaan yang berkaitan dengan dampak pandemi, termasuk penyakit COVID-19 yang dicurigai atau dikonfirmasi, di samping perincian persistensi dan tingkat keparahan gejala, kondisi medis yang sudah ada sebelumnya yang relevan, dan ukuran depresi, kecemasan, dan stres pasca-trauma,” tambah mereka.

Para peneliti melihat data dari 81.337 orang di seluruh Inggris dan disesuaikan dengan berbagai faktor, termasuk usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, bahasa pertama, dan variabel lainnya.

Mereka menemukan bahwa semakin parah infeksi COVID-19, semakin besar kemungkinan orang yang pulih memiliki penurunan kecerdasan yang lebih besar. Defisit paling signifikan ditemukan dalam tugas-tugas yang mengevaluasi penalaran, perencanaan, dan perhatian selektif. Studi skala besar sebelumnya telah menunjukkan pasien COVID-19 menderita "kabut otak" lama setelah mereka pulih.

"Ketika memeriksa seluruh populasi, defisit paling menonjol untuk paradigma yang memanfaatkan fungsi kognitif seperti penalaran, pemecahan masalah, perencanaan tata ruang dan deteksi target sementara tes hemat fungsi sederhana seperti rentang kerja-memori serta pemrosesan emosional," kata peneliti.

"Hasil ini sesuai dengan laporan COVID panjang, di mana 'kabut otak', kesulitan berkonsentrasi dan kesulitan menemukan kata-kata yang benar adalah hal biasa."

Penurunan IQ juga secara signifikan lebih menonjol pada mereka yang dirawat di rumah sakit dan memakai ventilator, menurut penelitian tersebut. Defisit itu bahkan lebih besar daripada defisit yang tercatat pada orang-orang yang sebelumnya menderita stroke dan melaporkan ketidakmampuan belajar.

“Skala defisit yang diamati bukannya tidak berarti; pengurangan skor komposit global 0,47 SD untuk sub-kelompok yang dirawat di rumah sakit dengan ventilator lebih besar dari penurunan rata-rata 10 tahun dalam kinerja global antara usia 20 hingga 70 dalam kumpulan data ini, ”tambah para peneliti.

“Itu lebih besar dari defisit rata-rata 480 orang yang mengindikasikan bahwa mereka sebelumnya menderita stroke (−0,24SD) dan 998 yang melaporkan ketidakmampuan belajar (−0,38SD). Sebagai perbandingan, dalam tes kecerdasan klasik, 0,47 SD setara dengan perbedaan 7 poin dalam IQ.”

Hasilnya menunjukkan bahwa ada “hubungan yang mengkhawatirkan antara penyakit COVID-19 dan berbagai fungsi kognitif yang lebih tinggi pada fase kronis awal. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan berapa lama defisit ini bertahan dan dasar biologis/psikologisnya,” tulis Hampshire di Twitter.

Peneliti Klinis di University College London Christina Pagel mengatakan bahwa bencana bisa terjadi jika penyakit itu terus menyebar tanpa terkendali.

“Saya khawatir sekali lagi kita menyaksikan bencana yang sedang berlangsung sambil menunggu bukti yang tegas. Bukti tegas tentang dampak jangka panjang, menurut definisi, membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Mungkin tidak akan pernah - tetapi sejauh ini, lintasannya menuju bukti yang lebih pasti, tidak kurang, ”tulis Pagel di Twitter.

“Bagaimana jika pada saat tidak ada keraguan masalah jangka panjang pada banyak orang yang memiliki COVID, kami telah membiarkan jutaan infeksi lebih meninggalkan ratusan ribu lebih banyak orang terpengaruh.” (Aby)


latestnews

View Full Version