View Full Version
Selasa, 27 Jul 2021

Militer Pakistan Sebut 46 Tentara Afghanistan Kabur Ke Pakistan Setelah Diserang Taliban

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Puluhan tentara Afghanistan telah kabur menyelinap melintasi perbatasan ke Pakistan barat laut setelah pos perbatasan mereka diserbu oleh Taliban, kata tentara Pakistan.

Sebuah pernyataan oleh tentara Pakistan pada hari Senin (26/7/2021) mengatakan 46 anggota pasukan Afghanistan, termasuk lima perwira, melintasi perbatasan pada hari Ahad malam di dekat kota perbatasan Pakistan Chitral di provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Tentara Afghanistan “telah diberikan makanan, tempat tinggal dan perawatan medis yang diperlukan sesuai dengan norma-norma militer yang ditetapkan,” kata tentara Pakistan, menambahkan bahwa mereka telah memberi tahu pihak berwenang Afghanistan tentang perkembangan tersebut.

Pemerintah Afghanistan, bagaimanapun, pada hari Senin tidak mau mengakui bahwa pasukannya menyeberang ke Pakistan.

“Masalah ini tidak benar. Tidak ada personel militer Afghanistan yang berlindung di Pakistan, kepekaan yang dimiliki semua orang Afghanistan terhadap Pakistan dan terutama militer kami, jelas bagi semua orang,” kata Jenderal Ajmal Omer Shinwari, juru bicara Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan.

Dia membuat pernyataan pada konferensi pers di ibukota Afghanistan, Kabul.

Namun Selasa (27/7/2021) pagi, militer Pakistan membagikan video tentara Afghanistan berseragam disambut oleh pasukan Pakistan.

Pernyataan yang menyertainya berbunyi: “Para prajurit tersebut sekarang telah secara damai dikembalikan ke pihak berwenang Afghanistan atas permintaan mereka bersama dengan senjata dan peralatan mereka. Pakistan akan terus memberikan semua jenis dukungan kepada saudara-saudara kita di Afghanistan pada saat dibutuhkan.”

Baik Pakistan maupun Afghanistan tidak memberikan informasi tentang pertempuran di sisi perbatasan Afghanistan. Militer Pakistan menolak bantahan Afghanistan.

Taliban dengan cepat merebut wilayah dalam beberapa pekan terakhir di Afghanistan dan merebut perlintasan perbatasan strategis dengan beberapa negara tetangga. Mereka juga mengancam sejumlah ibu kota provinsi – kemajuan yang datang saat tentara AS dan NATO terakhir menyelesaikan penarikan terakhir mereka dari Afghanistan.

Taliban dikatakan sekarang menguasai sekitar setengah dari 419 pusat distrik Afghanistan. Jatuhnya distrik dengan cepat dan tanggapan yang tampaknya mengecewakan oleh pasukan pemerintah Afghanistan telah mendorong panglima perang sekutu AS untuk membangkitkan kembali milisi dengan sejarah kekerasan.

Bagi banyak orang Afghanistan yang lelah menghadapi perang dan konflik selama lebih dari 40 tahun, ketakutan akan perang saudara brutal lainnya meningkat ketika pasukan Amerika dan NATO meninggalkan negara itu.

Hubungan antara Afghanistan dan Pakistan – lama penuh dengan kecurigaan dan ketidakpercayaan yang mendalam – semakin memburuk ketika Taliban menyerbu kota perbatasan Afghanistan Spin Boldak awal bulan ini.

Pejuang Taliban pada saat itu terlihat menerima perawatan medis di sebuah rumah sakit Pakistan di kota Chaman, di seberang perbatasan dari Spin Boldak.

Para pejabat Afghanistan menuduh Islamabad menyediakan perlindungan bagi Taliban ketika pasukan Afghanistan bertempur untuk merebut kembali Spin Boldak.

AS pekan lalu melakukan serangan udara untuk mendukung pasukan Afghanistan di kota selatan Kandahar, sekitar 100 kilometer barat Spin Boldak.

Juga bulan ini, Kabul menarik duta besarnya dan diplomat lainnya dari Islamabad setelah putri duta besar Afghanistan yang berusia 26 tahun diserang secara brutal di ibu kota Pakistan.

Pakistan masih menampung sekitar dua juta warga Afghanistan sebagai pengungsi dari perang puluhan tahun di tanah air mereka.

Gelombang Taliban bertambah cepat setelah Presiden Joe Biden mengumumkan pada pertengahan April bahwa pasukan Amerika dan NATO terakhir akan segera meninggalkan Afghanistan.

Tentara Amerika yang diperkirakan antara 2.500 hingga 3.500 dan 7.000 sekutu NATO sebagian besar telah meninggalkan negara itu pada saat ini, sementara beberapa tentara yang tersisa akan pergi pada 31 Agustus.

Pakistan telah menolak tuduhan membantu Taliban dan menunjukkan bahwa mereka berhasil menekan para pejuang ke dalam pembicaraan damai tahun lalu.

Namun, Pakistan menuduh Afghanistan menyembunyikan Taliban Pakistan, sebuah kelompok bersenjata yang terpisah dari Taliban Afghanistan yang telah meningkatkan serangan terhadap militer Pakistan. (Aje)


latestnews

View Full Version