View Full Version
Sabtu, 23 Oct 2021

Militer AS Klaim Bunuh Pemimpin Senior Al-Qaidah Abdul Hamid Al-Matar Di Barat Laut Suriah

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Seorang pemimpin senior Al-Qaidah tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di Suriah, klaim Pentagon, Jum'at (22/10/2021). Serangan itu terjadi dua hari setelah sebuah pangkalan di Suriah selatan, yang digunakan oleh koalisi pimpinan AS yang memerangi kelompok ISIS, diserang.

"Sebuah serangan udara AS hari ini di barat laut Suriah menewaskan pemimpin senior Al-Qaidah Abdul Hamid al-Matar," kata juru bicara Komando Pusat Mayor John Rigsbee dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa itu dilakukan dengan menggunakan pesawat MQ-9.

"Pembunuhan pemimpin senior Al-Qaidah ini akan mengganggu kemampuan organisasi teroris untuk merencanakan lebih lanjut dan melakukan serangan global," klaimnya.

Pada akhir September, Pentagon membunuh Salim Abu-Ahmad, komandan senior Al-Qaidah lainnya di Suriah, dalam serangan udara di dekat Idlib di barat laut negara itu.

Dia bertanggung jawab untuk "merencanakan, mendanai, dan menyetujui serangan Al-Qaidah trans-regional," menurut Centcom.

"Al-Qaidah terus menghadirkan ancaman bagi Amerika dan sekutu kami. Al-Qaidah menggunakan Suriah sebagai tempat yang aman untuk membangun kembali, berkoordinasi dengan afiliasi eksternal, dan merencanakan operasi eksternal," kata Rigsbee.

Perang yang sedang berlangsung di Suriah telah menciptakan medan perang yang kompleks yang melibatkan tentara asing, milisi dan jihadis.

Perang telah menewaskan sekitar setengah juta orang sejak dimulai pada 2011 dengan tindakan keras brutal terhadap protes anti-pemerintah. (F24)


latestnews

View Full Version