View Full Version
Kamis, 18 Nov 2021

Pasukan Keamanan Sudan Tembak Mati 15 Demonstran Anti-Kudeta Di Khartoum

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Pasukan keamanan Sudan dilaporkan menembak mati sedikitnya 15 pengunjuk rasa anti-kudeta dan melukai puluhan lainnya di ibu kota, Khartoum, pada hari kekerasan paling berdarah sejak militer merebut kekuasaan pada 25 Oktober.

Orang-orang turun ke jalan untuk memprotes kudeta militer terutama di lingkungan Bahri dan Omdurman di Khartoum pada hari Rabu (17/11/2021) meskipun saluran telepon dan layanan internet telah terganggu sejak militer mengambil alih. Aktivis telah belajar untuk memobilisasi melalui SMS daripada media sosial. Namun sejak Rabu siang, segala bentuk komunikasi seluler dihentikan.

Kelompok-kelompok yang menentang kudeta militer baru-baru ini di Sudan telah menyerukan "pawai jutaan" pada 13 dan 17 November untuk memprotes kudeta dan tindakan keras militer terhadap pengunjuk rasa.

“Rakyat memilih pemerintahan sipil,” dan “Legitimasi datang dari jalan, bukan dari meriam,” teriak para demonstran, juga meneriakkan slogan-slogan menentang penguasa militer Sudan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan.

Para pengunjuk rasa, sebagian besar pria dan wanita muda, bertepuk tangan dan berteriak sebelum adegan berubah menjadi kekerasan. Saat bentrokan pecah, pasukan keamanan menembakkan peluru tajam dan gas air mata untuk mencegah pertemuan, melukai sejumlah pengunjuk rasa, kata saksi mata.

Sebelumnya, di jalan utama di Khartoum, pengunjuk rasa membakar ban dan meneriakkan “Rakyat lebih kuat, dan mundur tidak mungkin.”

Komite Sentral Dokter Sudan (CCSD), sebuah serikat pro-demokrasi, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan keamanan "menggunakan peluru tajam di berbagai wilayah ibu kota" dan ada "puluhan luka tembak, beberapa di antaranya dalam kondisi serius."

CCSD juga mengatakan pasukan keamanan telah menangkap orang-orang yang terluka di dalam rumah sakit Khartoum dan jumlah korban tewas akibat kerusuhan sejak militer merebut kekuasaan telah meningkat menjadi 38 orang. Ratusan lainnya terluka.

Tidak ada komentar segera dari pasukan keamanan. Burhan telah mengklaim sebelumnya bahwa protes damai diperbolehkan dan militer tidak membunuh pengunjuk rasa.

Selama kudeta pada akhir Oktober, Burhan membubarkan kabinet dan dewan kedaulatan militer-sipil yang berkuasa. Dia juga menyatakan keadaan darurat dan menempatkan Perdana Menteri Abdalla Hamdok di bawah tahanan rumah yang efektif, sambil menahan anggota terkemuka lainnya dari pemerintahannya.

Dalam beberapa pekan terakhir, militer telah melakukan tindakan keras terhadap pengunjuk rasa, yang turun ke jalan setelah koalisi oposisi utama Sudan menyerukan pembangkangan sipil dan protes di seluruh negeri beberapa jam setelah kudeta militer. (ptv)


latestnews

View Full Version