View Full Version
Rabu, 24 Nov 2021

Apple Gugat Pembuat Spyware Israel NSO Karena Targetkan Pengguna iPhone

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Apple menggugat pembuat spyware NSO pada hari Selasa (23/11/2021) karena menargetkan pengguna perangkatnya, dengan mengatakan perusahaan Israel di pusat skandal pengawasan Pegasus itu perlu dimintai pertanggungjawaban.

Gugatan dari raksasa Silicon Valley itu menambah masalah baru bagi NSO, yang dilanda kontroversi atas laporan bahwa puluhan ribu aktivis, jurnalis, dan politisi terdaftar sebagai target potensial spyware Pegasus-nya.

Pihak berwenang AS hanya beberapa minggu yang lalu membatasi hubungan antara NSO dan kelompok-kelompok Amerika atas tuduhan bahwa perusahaan Israel "memungkinkan pemerintah asing untuk melakukan penindasan transnasional."

"Untuk mencegah penyalahgunaan dan kerugian lebih lanjut bagi penggunanya, Apple juga mencari perintah permanen untuk melarang NSO Group menggunakan perangkat lunak, layanan, atau perangkat Apple apa pun," kata Apple dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan gugatan tersebut.

"NSO Group menciptakan teknologi pengawasan canggih yang disponsori negara yang memungkinkan spyware yang sangat ditargetkan tersebut untuk mengawasi korbannya," tambahnya.

Menyusul kekhawatiran awal atas Pegasus, gelombang kekhawatiran berikutnya muncul ketika pembuat iPhone Apple merilis perbaikan pada bulan September untuk kelemahan yang dapat memungkinkan spyware menginfeksi perangkat tanpa pengguna bahkan mengklik pesan atau tautan berbahaya.

Apa yang disebut "zero-click" mampu secara diam-diam merusak perangkat yang ditargetkan, dan diidentifikasi oleh para peneliti di Citizen Lab, sebuah organisasi pengawas keamanan siber di Kanada. (TNA)


latestnews

View Full Version