View Full Version
Rabu, 19 Jan 2022

4 Tentara Prancis Terluka Dalam Ledakan Bom Rakitan Di Burkina Faso Utara

OUADAGODOU, BURKINA FASO (voa-islam.com) - Empat tentara Prancis terluka dalam ledakan bom rakitan di Burkina Faso utara, kata militer Prancis kepada AFP Selasa (18/1/2022) malam.

"Kendaraan off-road (mereka) mengaktifkan IED saat meninggalkan bandara Ouahigouya," kata militer dalam sebuah pernyataan, menambahkan unit itu adalah bagian dari operasi Barkhane, penyebaran Paris di Sahel melawan jihadis.

Empat tentara terluka, termasuk satu yang serius, kata tentara, dengan kelompok itu dievakuasi ke Mali atau Prancis untuk mereka yang dalam kondisi lebih serius.

Burkina Faso telah berjuang dengan serangan jihadis sejak 2015, ketika jihadis yang terkait dengan Al-Qaidah dan kelompok Islam State (IS) mulai meningkatkan serangan lintas perbatasan dari Mali.

Lebih dari 2.000 orang tewas, menurut angka AFP.

Daerah "3-perbatasan" titik nyala sering menjadi sasaran IS di Sahara Besar dan Kelompok untuk mendukung Islam Dan Muslimin (JINM) yang berafiliasi dengan Al-Qaidah dengan serangan mematikan terhadap tentara.

Tentara Prancis telah membunuh beberapa anggota tingkat atast ISGS sejak dimulainya intervensi militernya di Mali pada 2013.

Namun pada Juni tahun lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan pengurangan besar-besaran dalam misi Barkhane untuk memfokuskan kembali operasi kontra-jihadis dan mendukung pasukan lokal. (AFP)


latestnews

View Full Version