View Full Version
Kamis, 27 Jan 2022

Pasukan Pemerintah Yaman Tewaskan Lusinan Pemberontak Syi'ah Houtsi Di Distrik Abedia Marib Tengah

AL-MUKALLA, YAMAN (voa-islam.com) - Lusinan pemberontak Syi'ah Houtsi tewas pada hari Rabu (27/1/2022) di provinsi tengah Marib ketika pasukan pemerintah memasuki daerah baru di distrik Abedia untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan, menambah keuntungan militer terbaru di provinsi tersebut, kata seorang pejabat militer setempat kepada Arab News dari Marib.

Sehari setelah menguasai lokasi pegunungan strategis di tetangga Hareb, tentara Yaman dan Brigade Raksasa menguasai Al-Jafara di distrik Abedia, selatan Marib, dan mengepung pangkalan militer Um Resh di distrik Juba, juga selatan Marib, setelah pertempuran sengit dengan pemberontak Syi'ah Houtsi yang mendapat serangan dari pasukan pemerintah dan serangan udara yang intens dari Koalisi untuk Memulihkan Legitimasi di Yaman.

“Kami sekarang mendorong lebih dalam ke distrik Juba dan Abedia,” kata pejabat militer yang berbicara dengan syarat anonim.

Laporan media lokal mengatakan bahwa pesawat tempur dari Koalisi mengintensifkan serangan udara terhadap sasaran Syi'ah Houtsi di distrik Abedia, tampaknya untuk mempersiapkan medan bagi pasukan pemerintah untuk maju ke distrik strategis.

Pekan ini, pasukan pemerintah menguasai sebagian besar distrik Hareb, termasuk kota Hareb, memberikan pukulan besar militer kepada pemberontak Syi'ah Houtsi kaki tangan Iran yang telah menderita kekalahan besar di Marib sejak awal tahun.

Para pejabat militer mengatakan bahwa menguasai Abedia dan Juba secara efektif berarti melindungi pusat kota Marib dari serangan pemberontak Syi'ah Houtsi dari selatan dan itu juga akan memungkinkan pasukan pemerintah untuk maju ke provinsi tetangga Al-Bayda.

Tahun lalu, pemberontak Syi'ah Houtsi mengepung ribuan orang di distrik Abedia dan membombardir daerah pemukiman dengan rudal, tembakan mortir, dan drone yang dilengkapi bahan peledak untuk memaksa unit tentara lokal dan pejuang suku menyerah.

Pengepungan Syi'ah Houtsi telah mendorong ribuan orang ke ambang kelaparan massal dan memicu kecaman lokal dan internasional.

Pengerahan ratusan pejuang koalisi dari Brigade Raksasa dari pantai barat negara itu ke provinsi tengah Marib akhir tahun lalu membantu pasukan pemerintah untuk membalikkan perolehan militer Syi'ah Houtsi di selatan Marib dan di provinsi Shabwa.

Pada hari Rabu, Koalisi mengatakan telah membunuh lebih dari 160 pemberontak Syi'ah Houtsi dalam 31 serangan udara di Marib, Al-Bayda dan Taiz.

Pengumuman Koalisi tentang korban terbaru dari pemberontak Syi'ah Houtsi datang kurang dari sehari setelah pesawat tempurnya melakukan serangan udara intensif terhadap sasaran militer di Sanaa yang dikuasai Syi'ah Houtsi, memicu ledakan gemuruh.

Warga melaporkan melihat kobaran api dan asap mengepul dari pangkalan militer di utara, barat dan timur Sana'a pada Selasa malam.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan rudal yang ditembakkan oleh pesawat tempur koalisi meledak di dalam pangkalan militer pegunungan.

Koalisi mengatakan pemberontak Syi'ah Houtsi menyimpan dan merakit rudal balistik dan pesawat tanpa awak yang menargetkan Arab Saudi di dalam pangkalan militer di Sana'a. (AN)


latestnews

View Full Version