View Full Version
Jum'at, 20 May 2022

Israel Tidak Akan Selidiki Kematian Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Polisi Militer Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tidak akan membuka penyelidikan atas pembunuhan jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh, 51, di Jenin minggu lalu, meskipun dia ditembak di kepala oleh penembak jitu tentara Zionis, Haaretz melaporkan. Divisi Investigasi Kriminal Polisi Militer mengklaim bahwa penyelidikan yang memperlakukan tentara Israel sebagai tersangka akan menimbulkan penentangan di dalam masyarakat Israel.

Sebagai tanggapan, keluarga Abu Akleh mengatakan bahwa mereka telah mengantisipasi hal ini dan mengulangi seruan mereka untuk penyelidikan transparan atas penembakannya. "Kami mengharapkan ini dari Israel. Itu sebabnya kami tidak ingin mereka berpartisipasi dalam penyelidikan," kata keluarga itu kepada Al Jazeera. "Kami ingin meminta pertanggungjawaban siapa pun yang bertanggung jawab atas tindakan ini. Kami mendesak Amerika Serikat khususnya - karena dia adalah warga negara AS - dan komunitas internasional untuk membuka penyelidikan yang adil dan transparan dan mengakhiri pembunuhan."

Keluarga telah diyakinkan oleh pemerintah AS bahwa pembunuhan Abu Akleh akan diselidiki.

Menurut Haaretz, "tidak ada kecurigaan" penembakan itu sebagai tindakan kriminal. Ketika ditanyai, para tentara mengklaim bahwa mereka mengira mereka menembaki seorang pejuang Palestina, meskipun saksi dan wartawan Al Jazeera melaporkan bahwa tidak ada penembakan di sekitar Abu Akleh. Wartawan itu juga mengenakan jaket antipeluru yang ditandai dengan jelas sebagai "PRESS" dan mengenakan helm ketika dia dibunuh pada 11 Mei saat dia meliput penyerbuan tentara pendudukan Israel ke kamp pengungsi Jenin. (MeMo)


latestnews

View Full Version