View Full Version
Sabtu, 21 May 2022

Europol: SoundCloud Hapus Ribuan Nasyid, Khotbah Dan Propaganda Jihadis

BRUSELS, BELGIA (voa-islam.com) - Nasyid, khotbah, dan propaganda jihadis yang ditargetkan untuk menarik rekrutan muda telah dihapus dari SoundCloud, salah satu layanan streaming musik terbesar di dunia, kata Europol, Jum'at (20/5/2022).

SoundCloud yang berbasis di Berlin, yang dikenal sebagai "Audio YouTube" dan memiliki jutaan pendengar, semakin banyak dimanfaatkan oleh para jihadis untuk menyebarkan pesan mereka -- yang memicu kekhawatiran.

"Sekitar 1.100 profil dan file audio yang dinilai ilegal ditandai ke SoundCloud. Setelah ditinjau, SoundCloud menghapus file yang dilaporkan yang dianggap melanggar syarat dan ketentuannya," kata Europol dalam sebuah pernyataan.

Ini termasuk "nyanyian (nasyid) jihad dalam beberapa bahasa serta fragmen audio yang mempromosikan kelompok ekstremis sayap kanan dan kekerasan," katanya.

Badan kepolisian Eropa mengatakan beberapa konten "telah mengumpulkan beberapa ribu hits dan aliran audio".

Tindakan keras itu diluncurkan oleh polisi Jerman dan dikoordinasikan oleh Europol dengan partisipasi otoritas penegak hukum dari Inggris, Denmark, Hongaria, Portugal dan Spanyol. (TNA)


latestnews

View Full Version