View Full Version
Senin, 04 Jul 2022

Pasukan Pemerintah Yaman Bersiap Lancarkan Operasi Militer Terhadap Al-Qaidah Di Selatan

ABYAN, YAMAN (voa-islam.com) - Pasukan Yaman sedang bersiap untuk serangan skala penuh terhadap Al-Qaidah di selatan negara yang retak di tengah laporan bahwa kelompok jihadis tersebut sedang melakukan remobilisasi.

Kegubernuran Abyan dan Shabwa telah menyaksikan persiapan dari militer Yaman yang diakui secara internasional, yang berencana untuk mengusir pejuang Al-Qaidah yang telah bertahun-tahun memimpin pemberontakan dan bermarkas di daerah tersebut.

Abdul Rahman Al-Shonini, komandan pasukan kontraterorisme di Abyan, dikutip oleh Arab News mengatakan kampanye itu diluncurkan setelah menerima informasi bahwa Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) berkumpul di lembah dan pegunungan terpencil untuk melancarkan serangan terhadap pasukan pemerintah di selatan.

Dia mengatakan pasukan kontraterorisme elit telah dikerahkan di pegunungan dan lembah di Abyan, yang terletak di sebelah timur ibu kota de facto Yaman, Aden.

Kehadiran AQAP di wilayah ini dimulai pada akhir 1990-an.

Itu telah lama dianggap sebagai cabang jaringan jihadis global yang paling berbahaya dan telah berusaha untuk melakukan serangan di daratan AS.

Kelompok ini aktif di beberapa wilayah Yaman dan telah mengambil keuntungan dari perang saudara selama bertahun-tahun di sana untuk membuat terobosan.

Organisasi lain telah berkembang dalam konflik Yaman, seperti kelompok Islamic State (IS).

Perang di Yaman - yang meletus pada tahun 2014 dan mengadu antara pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran melawan pemerintah yang diakui secara internasional yang didukung Saudi - telah menewaskan ratusan ribu orang, menyebabkan jutaan orang di ambang kelaparan, dan sebagian besar negara hancur. (TNA)


latestnews

View Full Version