View Full Version
Sabtu, 13 Aug 2022

FBI Temukan Dokumen 'Sangat Rahasia' Saat Penggerebegan Di Kediaman Donald Trump

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Agen FBI menemukan catatan yang ditandai "sangat rahasia" selama pencarian mereka di tanah milik mantan presiden Donald Trump di Florida, menurut dokumen yang dipublikasikan Jum'at (12/8/2022) dalam penyelidikan yang mencakup kemungkinan pelanggaran Undang-Undang Spionase AS.

Surat perintah dan materi terkait, yang dibuka oleh hakim Florida, menunjukkan bahwa para agen membawa sejumlah besar file rahasia setelah penggerebekan, yang memicu badai politik di negara yang sudah terpecah belah.

Pencarian luar biasa sebagian didasarkan pada kecurigaan pelanggaran Undang-Undang Spionase AS terkait dengan penyimpanan ilegal dokumen pertahanan sensitif, surat perintah itu menunjukkan.

Beberapa dari surat-surat itu ditandai "sangat rahasia" dan "dimaksudkan hanya tersedia di fasilitas khusus pemerintah," kata pengajuan pengadilan federal tujuh halaman yang tidak disegel.

Pengarsipan itu berisi daftar barang-barang yang dihapus dari Mar-a-Lago, termasuk informasi tentang "Presiden Prancis," dan surat perintah untuk menggeledah perkebunan di Palm Beach.

Departemen Kehakiman telah meminta seorang hakim federal untuk membuka segel surat perintah penggeledahan pada hari Jum'at kecuali keberatan dari Trump, yang akan mencalonkan kembali sebagai presiden pada tahun 2024.

Trump yang berusia 76 tahun mengatakan dia tidak akan memblokir pelepasan surat perintah itu - sambil mengeluh bahwa dia adalah korban "persenjataan politik penegakan hukum yang belum pernah terjadi sebelumnya" oleh "Demokrat kiri radikal."

Trump dan pengacaranya sebenarnya memiliki salinan surat perintah penggeledahan dan tanda terima yang mencantumkan properti yang disita oleh agen FBI selama berhari-hari -- dan mereka bisa saja mengungkapkan isinya sendiri sebelumnya.

The Wall Street Journal mengatakan di dalam 20 kotak barang yang diangkut oleh agen FBI adalah pengikat foto, catatan tulisan tangan dan pemberian grasi yang dibuat oleh Trump kepada Roger Stone, sekutu mantan presiden.

The Washington Post pada hari Kamis mengutip sumber anonim yang dekat dengan penyelidikan yang mengatakan dokumen rahasia yang berkaitan dengan senjata nuklir termasuk di antara surat-surat yang dicari selama serangan itu.

Trump sendiri tampaknya menyangkal klaim tersebut, memposting bahwa "masalah senjata nuklir adalah tipuan" dan bahkan menyarankan bahwa Biro Investigasi Federal mungkin telah "menanam informasi" di rumahnya.

'Disetujui secara pribadi'

Langkah yang sangat tidak biasa untuk membuka segel surat perintah penggeledahan diumumkan oleh Jaksa Agung Merrick Garland - petugas penegak hukum tertinggi negara itu - yang mengatakan dia "secara pribadi menyetujui" penggerebekan di rumah Trump.

Garland mengatakan pada hari Kamis bahwa dia telah meminta pelepasan surat perintah itu karena "kepentingan publik yang substansial dalam masalah ini," memberi Trump dan tim hukumnya hingga Jum'at sore untuk menentang mosi tersebut, yang pada akhirnya tidak mereka lakukan.

Para anggota Partai Republik terkemuka telah berkumpul di sekitar Trump dan beberapa anggota partainya menuduh Departemen Kehakiman dan FBI berpihak dalam menargetkan mantan presiden.

Dalam penggerebagan yang tampaknya merupakan tanggapan langsung terhadap pencarian FBI di Mar-a-Lago, seorang pria bersenjata mencoba menyerbu kantor FBI di Cincinnati, Ohio pada hari Kamis.

Penyerang, yang ditembak mati oleh polisi setelah baku tembak dan kebuntuan selama berjam-jam, dilaporkan memposting di platform Truth Social Trump bahwa dia berharap tindakannya akan berfungsi sebagai "seruan untuk senjata."

Garland pada hari Kamis mengkritik apa yang dia sebut "serangan tidak berdasar" pada FBI dan Departemen Kehakiman sementara Direktur FBI Christopher Wray, yang ditunjuk Trump, mengecam "kekerasan dan ancaman terhadap penegakan hukum."

Departemen Kehakiman biasanya tidak mengkonfirmasi atau menyangkal apakah sedang menyelidiki seseorang, dan Garland berusaha keras untuk menekankan bahwa undang-undang itu diterapkan secara adil kepada Trump.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, Trump mengatakan pengacaranya telah "bekerja sama sepenuhnya" dan "pemerintah dapat memiliki apa pun yang mereka inginkan, jika kita memilikinya."

Selain penyelidikan terhadap praktik bisnisnya, Trump menghadapi pengawasan hukum atas upayanya untuk membatalkan hasil pemilihan November 2020, dan atas serangan 6 Januari 2021 di US Capitol oleh para pendukungnya.

Trump dimakzulkan untuk kedua kalinya yang bersejarah oleh DPR setelah kerusuhan Capitol - dia didakwa menghasut pemberontakan - tetapi dibebaskan oleh Senat. (TNA)


latestnews

View Full Version