View Full Version
Sabtu, 01 Oct 2022

Layanan Komunikasi Terputus Di Kota Tengara Iran Setelah Pembunuhan Kepala Intelijen IRGC

SISTAN BALOCHISTAN (voa-islam.com) - Layanan komunikasi terputus di kota Zahedan, Iran tenggara, pada Sabtu (1/10/2022), setelah seorang komandan senior Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) tewas dalam bentrokan.

Protes pecah di ibu kota provinsi Sistan dan Balochistan yang berbatasan dengan Pakistan pada hari Jum'at setelah pemerkosaan seorang gadis Baloch berusia 15 tahun, yang diduga dilakukan oleh seorang komandan militer setempat, menyebabkan kemarahan publik.

Ali Mousavi, kepala intelijen IRGC Sistan dan Balochistan, ditembak selama konfrontasi dengan pengunjuk rasa. Kantor Berita Tasnim yang berafiliasi dengan IRGC melaporkan bahwa Mousavi dinyatakan tewas di sebuah rumah sakit.

Pembunuhan Mousavi diklaim oleh kelompok militan Jaish Al-Adl, yang mengatakan mereka berjuang untuk kemerdekaan Sistan dan Balochistan dan hak-hak yang lebih besar bagi orang-orang Baloch, yang merupakan kelompok etnis utama di provinsi tersebut.

Rekaman yang muncul dari Zahedan menunjukkan orang-orang membawa pengunjuk rasa yang tewas dan terluka di tengah tembakan senjata berat. Pemerintah provinsi mengatakan 19 orang tewas dalam bentrokan tersebut. Kantor berita lokal Haal-e Vash melaporkan jumlah kematian setidaknya 36, ​​dengan puluhan lainnya terluka.

Internet telah diblokir dan jaringan seluler sebagian besar ditutup di kota dan daerah sekitarnya sejak Jum'at - data dari pengawas Netblocks menunjukkan - dengan penduduk kota-kota tetangga mengatakan mereka tidak dapat menghubungi kerabat mereka.

Mohammad Zia, seorang penjaga toko di Taftan, sebuah kota di perbatasan Iran dengan Pakistan sekitar 90 kilometer dari Zahedan, mengatakan kepada Arab News bahwa ada kemungkinan untuk menemukan sinyal seluler yang “lemah” di beberapa bagian Taftan.

“Namun layanan internet masih dihentikan di seluruh wilayah Sistan dan Balochistan,” katanya.

Kematian kepala intelijen IRGC provinsi merupakan eskalasi besar dalam demonstrasi anti-pemerintah yang dimulai pada pertengahan September, dipicu oleh kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun saat dia ditahan oleh polisi moral Iran.

Demonstrasi nasional telah menjadi manifestasi terbesar dari perbedaan pendapat terhadap pemerintah Iran dalam lebih dari satu dekade. Ribuan demonstran dan aktivis sipil telah ditangkap.

Pada hari Jum'at, setidaknya 83 pengunjuk rasa telah dibunuh oleh pasukan keamanan, terutama di provinsi Mazandaran, Gilan, Azerbaijan Barat, Kermanshah, Kurdistan, Alborz, dan ibukota Teheran, menurut organisasi Hak Asasi Manusia Iran yang berbasis di Norwegia. Jumlah itu belum termasuk mereka yang tewas dalam unjuk rasa di Zahedan. (AN)


latestnews

View Full Version