View Full Version
Jum'at, 02 Dec 2022

Penasihat Zelensky Sebut 13.000 Tentara Ukraina Tewas Sejak Invasi Rusia Pada Februari

KIEV, UKRAINA (voa-islam.com) - Sebanyak 13.000 tentara Ukraina tewas sejak invasi Rusia pada Februari, kata penasihat senior Presiden Volodymyr Zelensky.

"Kami memiliki perkiraan resmi dari Staf Umum ... Dan jumlahnya berkisar antara 10.000 ... hingga 13.000 tewas," kata Mykhailo Podolyak kepada Channel 24 Ukraina pada hari Kamis (1/12/2022).

Zelensky akan mempublikasikan data resmi "ketika saat yang tepat tiba," tambahnya.

Pada bulan Juni, ketika pasukan Rusia berjuang untuk menguasai sepenuhnya wilayah Lugansk paling timur, Zelensky mengatakan Ukraina kehilangan "60 hingga 100 tentara per hari, tewas dalam aksi, dan sekitar 500 orang terluka dalam aksi."

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada September mengatakan 5.937 tentara Rusia telah tewas dalam hampir tujuh bulan pertempuran hingga saat itu.

Kedua belah pihak diduga meminimalkan kerugian mereka untuk menghindari kerusakan moral pasukan mereka.

Jenderal tertinggi AS Mark Milley bulan lalu mengatakan lebih dari 100.000 personel militer Rusia telah tewas atau terluka di Ukraina, dengan pasukan Kiev kemungkinan menderita korban serupa.

Angka-angka itu – yang tidak dapat dikonfirmasi secara independen – adalah yang paling tepat hingga saat ini dari pemerintah AS.

Ribuan warga sipil Ukraina juga tewas dalam pertempuran terburuk di Eropa dalam beberapa dekade. (AN)


latestnews

View Full Version