View Full Version
Ahad, 05 Feb 2023

Kepala Wagner: Pertempuran Sengit Sedang Berlangsung Di Utara Kota Bakhmut

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Kepala kelompok Wagner swasta Rusia mengatakan pada hari Ahad (5/2/2023) bahwa pertempuran sengit sedang berlangsung di bagian utara kota Bakhmut, Ukraina, yang telah menjadi fokus perhatian pasukan Rusia selama berminggu-minggu.

Yevgeniy Prigozhin, pendiri dan kepala kelompok Wagner, mengatakan tentaranya "bertempur untuk setiap jalan, setiap rumah, setiap tangga" melawan pasukan Ukraina yang tidak mundur.

Pasukan Rusia telah berusaha untuk mengepung dan merebut Bakhmut, sebuah kota di wilayah Donbas timur, selama berminggu-minggu, dan tampaknya membuat kemajuan yang lambat, sulit, dan mahal.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berulang kali mengatakan dalam beberapa hari terakhir bahwa situasi di sekitar kota itu sulit.

“Tidak ada yang akan memberikan Bakhmut. Kami akan berjuang selama mungkin. Kami menganggap Bakhmut sebagai benteng kami,” katanya, Jum'at.

Kementerian pertahanan Inggris mengatakan pada hari Ahad bahwa Rusia telah membuat "kemajuan kecil" dalam upayanya untuk mengepung Bakhmut.

Jika pasukan Rusia berhasil merebut kota, yang telah dihancurkan oleh penembakan artileri selama berbulan-bulan, itu akan menjadi kemajuan strategis terpenting mereka sejak musim panas lalu, ketika serangan awal melalui timur Ukraina terhenti dan akhirnya dibalikkan dalam serangkaian serangan balik Ukraina yang menakjubkan di paruh kedua tahun 2022.

Prigozhin menolak laporan di media Rusia bahwa pasukan Ukraina meninggalkan Bakhmut.

“Pasukan Ukraina tidak mundur kemana-mana. Mereka berjuang sampai akhir,” katanya dalam pernyataan yang dipublikasikan di saluran Telegramnya.

“Pertempuran sengit terjadi di bagian utara untuk setiap jalan, setiap rumah, setiap tangga,” tambahnya. (Aby)


latestnews

View Full Version