View Full Version
Rabu, 22 Mar 2023

13 Orang Tewas Lebih Dari 90 Luka-luka Akibat Gempa Bumi Di Pakistan Dan Afghanistan

PESHAWAR/KABUL (voa-islam.com) - Sedikitnya 13 orang tewas dan lebih dari 90 lainnya luka-luka di Pakistan dan Afghanistan setelah gempa berkekuatan 6,5 melanda pada Selasa (21/3/2023) malam, kata pejabat pemerintah.

Setidaknya sembilan orang tewas dan 44 lainnya cedera di barat laut Pakistan, kata seorang pejabat pemerintah Pakistan, dan rumah sakit di provinsi Khyber Pakhtunkhwa utara dimasukkan ke dalam keadaan darurat semalam.

Setidaknya empat orang tewas dan 50 terluka di Afghanistan, kata seorang pejabat kementerian kesehatan di sana.

Rumah dan bangunan di kedua negara juga rusak, kata pihak berwenang.

Gempa tersebut dirasakan di area seluas lebih dari 1.000 kilometer oleh sekitar 285 juta orang di Pakistan, India, Uzbekistan, Tajikistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Afghanistan dan Turkmenistan, kata Pusat Seismologi Eropa-Mediterania.

Pusat gempa berada di pegunungan Hindu Kush, di provinsi Badakhshan di Afghanistan timur laut yang berpenduduk jarang, 40 km tenggara desa Jurm, pada kedalaman 187 km, kata Survei Geologi AS.

Pejabat provinsi senior provinsi Khyber Pakhtunkhwa Pakistan Abdul Basit mengatakan bahwa selain korban tewas dan luka-luka, setidaknya 19 rumah rusak.

Shafiullah Rahimi, juru bicara kementerian mitigasi bencana Afghanistan, mengatakan pada Selasa malam bahwa dua orang tewas di provinsi timur Laghman.

Sebagian besar Asia Selatan aktif secara seismik karena lempeng tektonik yang dikenal sebagai lempeng India mendorong ke utara menuju lempeng Eurasia.

Gempa berkekuatan 6,1 di Afghanistan timur menewaskan lebih dari 1.000 orang tahun lalu.

Pada tahun 2005, sedikitnya 73.000 orang tewas akibat gempa berkekuatan 7,6 yang melanda Pakistan utara. (Reuters)


latestnews

View Full Version