View Full Version
Kamis, 23 Mar 2023

2.000 Tahanan Palestina Hentikan Mogok Makan Setelah Israel Bersedia Penuhi Tuntutan

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Lebih dari 2.000 tahanan Palestina telah menghentikan aksi mogok makan mereka setelah Israel menyerah pada tuntutan mereka menyusul negosiasi yang sengit dengan administrasi penjara.

Gerakan Tawanan Palestina mengatakan situasi di penjara Israel kembali normal setelah semua tuntutan para tahanan dipenuhi.

Para tahanan berencana untuk melakukan mogok makan massal pada hari pertama Ramadhan pada hari Kamis sebagai protes atas pembatasan dan kondisi Israel di pusat-pusat penahanan.

Pada awal Februari, menteri keamanan sayap kanan Israel Itamar Ben-Gvir mengumumkan serangkaian pembatasan terhadap tahanan Palestina, mengurangi waktu mandi menjadi empat menit dan menghentikan pembuatan roti di penjara untuk narapidana Palestina. Ben-Gvir juga memperjuangkan RUU untuk memungkinkan hukuman mati bagi tahanan Palestina dan hukuman seumur hidup.

Negosiasi antara perwakilan narapidana Palestina dan otoritas penjara Israel berlangsung hingga Senin malam, dengan para tahanan menuntut layanan penjara Israel membuat pengumuman publik tentang penangguhan semua tindakan represif yang diperkenalkan oleh Ben-Gvir.

“Para tahanan memperjelas bahwa jika layanan penjara Israel tidak memenuhi permintaan mereka untuk secara resmi menangguhkan tindakan represif Ben-Gvir sebelum mogok makan dimulai, mereka akan menambahkan tuntutan lain, seperti pembebasan tahanan dengan hukuman berat atau seumur hidup,” Amani Sarahneh, juru bicara Klub Tahanan, mengatakan.

Terobosan terjadi setelah Lions Den, sebuah kelompok payung Palestina yang terdiri dari para pejuang perlawanan dari berbagai faksi di Tepi Barat yang diduduki, mengumumkan kesiapan penuhnya untuk terlibat dalam pertempuran yang lebih besar dengan pendudukan Israel untuk mendukung para tahanan.

Ini menekankan perlunya mobilisasi dan eskalasi perjuangan dalam mendukung Gerakan Tawanan Palestina di bulan Ramadhan. (ptv)


latestnews

View Full Version