View Full Version
Selasa, 30 Jan 2024

Menyamar Jadi Nakes,Pasukan Israel Bunuh 3 Warga Palestina Yang Tengah Dirawat Di RS Ibnu Sina Jenin

TEPI BARAT, PALESTINA (voa-islam.com) - Sebuah unit pasukan khusus Israel yang menyamar telah menembak mati tiga pemuda Palestina di dalam sebuah rumah sakit di Tepi Barat bagian utara, sebuah peristiwa yang tidak biasa sejak dimulainya putaran kekerasan terbaru di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Media Palestina melaporkan bahwa anggota regu pembunuh itu menyamar dengan berpakaian seperti dokter, perawat, dan bahkan warga sipil. Mereka pergi ke Rumah Sakit Ibnu Sina di sebelah barat Jenin pada pukul 05.30 waktu setempat pada hari Selasa (30/1/2024).

Mereka naik ke lantai tiga rumah sakit dan menembak mati tiga pemuda Palestina dengan senjata yang dilengkapi peredam suara sebelum melarikan diri dari gedung.

Salah satu warga Palestina yang dibunuh sedang menjalani perawatan di rumah sakit selama sekitar tiga bulan sejak dia dilukai oleh tentara Zionis Israel.

Tidak ada upaya nyata untuk menangkap para penyerang Israel.

Militer Zionis Israel kemudian mengklaim bahwa ketiga penyerang adalah anggota tim yang berafiliasi dengan gerakan perlawanan Hamas yang berencana melakukan serangan terhadap rezim

Salah satu pria tersebut, yang diidentifikasi sebagai Muhammad Jalamneh, 27 tahun, diruduh melakukan kontak dengan markas besar Hamas di luar negeri, mempersenjatai pejuang Palestina lainnya untuk melakukan serangan penembakan, dan sebelumnya terluka saat melancarkan serangan bom mobil.

Beberapa pemberitaan media berbahasa Ibrani bahkan mengklaim bahwa Jalamneh juga merupakan juru bicara Brigade Izzuddine Al-Qassam, sayap militer Hamas, di kamp pengungsi Jenin.

Militer Israel menyebut dua lainnya sebagai saudara Muhammad dan Basel Ghazawi.

Muhammad disebut-sebut merupakan anggota Batalyon Jenin dan terlibat dalam penyerangan termasuk penembakan terhadap pasukan Israel, sedangkan Basel disebut-sebut merupakan anggota gerakan perlawanan Jihad Islam Palestina.

'Militer Israel melakukan pembantaian di dalam rumah sakit'

Kementerian Kesehatan Palestina bereaksi terhadap insiden tersebut, dengan menyatakan bahwa Israel bersalah atas “lusinan kejahatan… terhadap pusat perawatan dan staf” di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa militer Israel “melakukan pembantaian baru di dalam rumah sakit.”

“Menteri Kesehatan [Mai al-Kaila] segera meminta PBB, lembaga-lembaga internasional dan organisasi hak asasi manusia untuk mengakhiri serangkaian kejahatan sehari-hari yang dilakukan oleh pendudukan terhadap rakyat dan pusat kesehatan kami di Jalur Gaza dan Israel. Tepi Barat,” katanya.

Israel telah meningkatkan agresinya di Tepi Barat sejak perang genosida di Gaza dimulai pada awal Oktober.

Hampir 350 warga Palestina telah dibunuh oleh pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki sejak 7 Oktober, ketika Israel mengobarkan perang di Gaza setelah Hamas melakukan operasi bersejarah terhadap entitas pendudukan sebagai pembalasan atas kekejaman yang semakin intensif terhadap rakyat Palestina.

Agresi Israel sejauh ini telah menewaskan sedikitnya 26.751 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai 65.387 lainnya di Gaza. Rezim Tel Aviv telah memberlakukan “pengepungan total” terhadap wilayah tersebut, memutus bahan bakar, listrik, makanan, dan air bagi lebih dari dua juta warga Palestina yang tinggal di sana.  (ptv)


latestnews

View Full Version