View Full Version
Sabtu, 17 Feb 2024

Liga Arab Tetapkan 60 Organisasi Israel Sebagai Entitas Teror

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Liga Arab telah menetapkan 60 organisasi Israel dan kelompok pemukim ilegal Yahudi sayap kanan sebagai entitas teror atas keterlibatan mereka dalam serangan berulang kali ke kompleks suci Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Al-Quds yang diduduki dan aktivitas perluasan permukiman ilegal di Tepi Barat.

Keputusan tersebut diambil dalam sebuah pertemuan, di mana liga juga menyetujui daftar 22 tokoh Zionis Israel yang terlibat dalam “mendukung genosida” terhadap rakyat Palestina, dan membuka peluang tindakan hukum terhadap mereka.

Selain itu, Liga Arab setuju untuk memboikot 97 perusahaan dan institusi yang beroperasi di pemukiman Israel, sejalan dengan database Dewan Hak Asasi Manusia. Liga Arab sekarang mengharapkan negara-negara anggota untuk segera menerapkan resolusi ini.

Organisasi regional tersebut juga menolak kampanye hasutan sistematis Israel terhadap Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), dan mendesak negara-negara yang telah memotong dana mereka untuk badan bantuan dan pembangunan manusia tersebut untuk mempertimbangkan kembali.

Kanada, Australia, Inggris, Jerman, Italia, Belanda, Swiss, Finlandia, Estonia, Jepang, Austria dan Rumania telah bergabung dengan Amerika Serikat dalam membekukan bantuan kepada UNRWA setelah beberapa stafnya dituduh oleh Israel terlibat dalam Operasi Badai Al-Aqsa 7 Oktober melawan rezim pendudukan.

Liga Arab lebih lanjut meminta kementerian dan badan-badan Arab yang terkait dengan masa kanak-kanak dan ibu untuk berkoordinasi dengan mitra internasional untuk memberikan bantuan medis dan kemanusiaan kepada ribuan anak-anak Palestina, terutama mereka yang diamputasi atau yatim piatu akibat “agresi dan pembantaian Israel.”

Mengutuk kejahatan Israel yang terus menerus terhadap warga Palestina, yang menargetkan lebih dari 100.000 warga sipil yang mengakibatkan kematian dan cedera, serta pengepungan mematikan dan penghancuran sistematis yang sedang berlangsung di Gaza, organisasi politik yang berbasis di Kairo ini menyoroti situasi yang mengerikan di Rafah.

Mereka memperingatkan terhadap perpindahan paksa hampir 1,5 juta warga Palestina ke bagian paling selatan Jalur Gaza, dekat perbatasan Mesir, sebagai sebuah agresi sistematis Israel, dan menyebutnya sebagai “serangan terhadap keamanan nasional Arab.”

Liga tersebut meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengadopsi resolusi yang mengikat untuk menghentikan agresi Israel dan pemindahan paksa terhadap warga Palestina, memastikan aliran bantuan ke seluruh Gaza, menegakkan tindakan sementara yang diperintahkan oleh Mahkamah Internasional, dan melaksanakan sepenuhnya Dewan Keamanan terkait resolusi tentang masalah Palestina, khususnya Resolusi 2720 dan 2721.

Sejak awal Oktober, Israel telah membunuh lebih dari 28.500 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang terkepung. Rezim tersebut terkejut dengan Operasi Badai Al-Aqsa yang dilakukan oleh gerakan perlawanan Palestina Hamas pada tanggal 7 Oktober.

Kampanye genosida Israel telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza, menghancurkan rumah sakit dan membuat setengah dari 2,4 juta penduduknya mengungsi.

Zionis Israel juga memberlakukan “pengepungan total” terhadap Gaza, memutus bahan bakar, listrik, makanan dan air bagi masyarakat yang tinggal di sana. (ptv)


latestnews

View Full Version