View Full Version
Ahad, 25 Feb 2024

Mantan Jenderal Israel: Kekacauan Total Terjadi Di Antara Tentara Israel Di Gaza

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Seorang pensiunan komandan tentara Israel mengungkapkan adanya "kekacauan total" di antara tentara Israel di Jalur Gaza karena kurangnya peralatan dan logistik, sementara perdana menteri Israel diancam oleh koalisi sayap kanannya.

Mantan Mayor Jenderal Itzhak Brik menyatakan bahwa dia memberi tahu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu setelah tanggal 7 Oktober bahwa tentara belum siap berperang.

“Timnya tidak ingin dia mendengar kebenaran, jadi mereka menjauhkannya dari saya. Saya katakan kepadanya bahwa tentara belum siap untuk segera berperang, karena ada tentara yang tidak berlatih selama lima tahun dan ada tentara yang tidak dilatih selama lima tahun. kekurangan peralatan,” kata Brik kepada surat kabar Ibrani Maariv, dalam komentarnya yang diterbitkan pada hari Sabtu (24/2/2024).

Militer Israel telah membombardir Jalur Gaza sejak 7 Oktober setelah serangan mendadak Hamas yang menewaskan sekitar 1.200 orang di Israel selatan. Kelompok Palestina juga menyandera lebih dari 250 orang.

Hamas mengatakan serangan itu dilakukan untuk membela diri setelah puluhan tahun pengepungan Israel di Gaza dan pendudukan wilayah Palestina.

Serangan udara dan darat Israel yang sangat biadab di Gaza sejak saat itu telah menewaskan hampir 30.000 orang, sebagian besar warga sipil, dan telah menghancurkan sebagian besar wilayah kantong tersebut.

“Sejak 7 Oktober, saya telah menerima banyak pertanyaan dari tentara,” kata Brik kepada Maariv, seraya menambahkan bahwa “kekacauan besar” yang terjadi di pasukan Israel di Gaza tidak dibicarakan.

“Peralatan, logistik, makanan, dan segala sesuatu yang diperlukan untuk memajukan kita tidak berfungsi, karena tentara telah menyerahkan segalanya kepada perusahaan swasta,” kata mantan jenderal tersebut.

“Tidak ada yang segera memperbaiki tank-tank tersebut. Puluhan tank tertahan [di Gaza] menunggu untuk ditarik,” lanjutnya.

Dia mengatakan media Israel diam mengenai hal ini, kemungkinan besar untuk menjaga semangat di tengah meningkatnya kritik terhadap pemerintahan Netanyahu.

Israel mengatakan lebih dari 130 tawanan masih ditahan di Gaza oleh Hamas, beberapa di antaranya tewas. Banyak yang tewas dalam serangan udara Israel.

Brik menambahkan, dia bertemu dengan Netanyahu sebanyak enam kali sejak dimulainya perang.

“Dia mempunyai orang-orang yang sangat radikal dalam koalisi [pemerintahan] yang mengancamnya bahwa mereka akan membubarkan pemerintah jika dia tidak melakukan apa yang mereka inginkan,” katanya kepada Maariv, “dan pemerintah lebih penting baginya daripada negara – ini adalah masalah utama kami."

Dia menambahkan bahwa apa yang Netanyahu katakan kepadanya secara pribadi berbeda dari apa yang dia katakan di depan umum sehubungan dengan perang, dan menuduh bahwa Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perdana menteri.

“Dalam percakapan terakhir, bahkan ketika saya meyakinkan dia tentang apa yang akan saya sampaikan kepada Anda sekarang, ketika dia keluar, dia berbicara dalam bahasa yang berbeda. Karena dia terus-menerus diancam oleh Ben-Gvir, jika dia tidak melakukan ini dan itu. , dia akan membubarkan pemerintahannya, dan ketakutannya terhadap pembubaran pemerintah lebih besar daripada masalah keamanan yang harus dia tangani." (TNA)


latestnews

View Full Version