View Full Version
Senin, 11 Mar 2024

Euro-Med: Penyiksaan Warga Gaza Di Penjara Israel 'Lebih Buruk Dari Teluk Guantanamo'

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Pusat-pusat penahanan Israel kini menjadi lebih buruk daripada penjara Teluk Guantanamo karena para tahanan Palestina dari Gaza menjadi sasaran pembunuhan dan penyiksaan brutal, kata Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Mediterania dalam sebuah laporan pada hari Sabtu (9/3/2024).

Warga Palestina yang berada di penjara-penjara ini menderita "berbagai bentuk penyiksaan yang memalukan”, perlakuan yang merendahkan martabat, dan perampasan hak asasi mereka yang paling dasar, kata Euro-Med.

Ribuan warga Palestina telah ditangkap dari Gaza sejak dimulainya perang pada tanggal 7 Oktober, dan ratusan lainnya ditahan di lokasi yang tidak diketahui. Beberapa orang yang dikurung dan kemudian dibebaskan telah memberikan kesaksian yang mengerikan.

Sebuah laporan investigasi oleh surat kabar Israel Haaretz baru-baru ini mengungkapkan bahwa setidaknya 27 tahanan Palestina dari Gaza meninggal selama interogasi karena penyiksaan atau larangan perawatan medis.

Penolakan Israel untuk mengungkapkan nama dan lokasi para tahanan ini membuat mereka kehilangan perlindungan hukum, kata Euro-Med.

Observatorium tersebut menambahkan bahwa kamp Sde Teiman, tempat banyak tahanan ditahan, telah berubah menjadi versi yang lebih buruk dari Kamp Penahanan Teluk Guantanamo AS yang terkenal mengerikan di Kuba.

Tahanan di Sde Teiman ditahan dalam kondisi yang sangat keras, seperti di tempat terbatas yang menyerupai kandang ayam, tanpa makanan atau air untuk jangka waktu yang lama dan mengalami penyiksaan dan pemukulan yang parah untuk mendapatkan pengakuan.

Euro-Med mendesak tindakan cepat diambil untuk membantu mereka yang masih dikurung dan memberikan keadilan bagi keluarga mereka.

Jumlah warga Palestina yang ditahan tanpa batas waktu tanpa tuduhan oleh pasukan Israel telah meningkat secara dramatis sejak 7 Oktober, mencapai 3.484 orang.

Perundingan yang dimediasi antara Israel dan Hamas yang akan menghasilkan gencatan senjata sementara di Gaza dan pembebasan tahanan Palestina untuk sandera Israel telah gagal mencapai terobosan. (TNA/Ab)


latestnews

View Full Version