View Full Version
Kamis, 27 Jan 2011

PN Jaksel Tak Kondusif, Lokasi Sidang Ba'asyir akan Dipindah ke Kementan

JAKARTA (voa-islam.com) – Meski berkas Abu Bakar Ba’asyir (ABB) masih terkatung-katung belum P21, namun Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sudah memastikan lokasi persidangan di Kementerian Pertanian.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menyatakan lokasi sidang Abu Bakar Basyir (ABB) akan dipindahkan ke Kementerian Pertanian (Kementan). Sebab, pihak PN Jaksel khawatir massa pendukung ABB akan membludak, tidak seimbang dengan kondisi ruangan sidang pengadilan.

“Lokasinya akan kita tempatkan di Deptan (Kementan-red). Sebab, massanya kan banyak. Takutnya ruangan tidak bisa menampung,” kata juru bicara keamanan PN Jaksel, Kamari kepada wartawan di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Kamis (23/1/2011).

Dari 6 ruang sidang, ruangan sidang terbesar di PN Jaksel hanya 1 ruang yakni ruang Oemar Seno Adji berukuran 8 X 15 meter persegi. Ruangan itu sempat menjadi saksi sidang Tomy Soeharto, Antasari Azhar dan Gayus Tambunan.

Namun, animo masyarakat yang tinggi membuat ruangan tidak kondusif, panas, gerah dan penuh sesak. Bahkan saat sidang Antasari ruangan sidang dipenuhi pencopet dan sempat tertangkap basah.

“Intinya masalah keamanan. Kalau itu dipegang kepolisian. Kami menyiapkan lokasi yang aman dan representatif,” tukas Kamari.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jaksel M Yusuf menyebut pengadilan ABB di PN Jaksel. Menurut Kamari, pernyataan Yusuf tidak keliru.

“Pengadilannya memang di PN Jaksel, di tangani hakim Jakel. Tapi lokasinya bisa dimana saja. Nanti kalau berkas dilimpahkan dari kejaksaan, Kepala PN akan menunjuk hakim dan lokasi yang tepat,” tandas Kepala Juru Sita PN Jaksel ini. [silum/dtk]


latestnews

View Full Version