View Full Version
Kamis, 13 Aug 2009

9 Anggota MILF Syahid (Insya Allah) dalam Pertempuran di Basilan

Basilan - Banyaknya korban yang berjatuhan, menurut laporan, saat terjadinya bentrokan bersenjata selama  seharian penuh antara pasukan Marinir Philipina dan MILF di Barangay, Tipo-Tipo Basilan kemarin.

Sekitar pukul 3 pagi kemarin, tentara Marinir Philipina melancarkan sebuah serangan kepada para anggota kelompok Abu Sayyaf (ASG) di Sitio Kurellem, Barangay Ungkaya pukan, Basilan.

Namun, sekitar pukul 6 pagi setelah serangan kepada ASG, pasukan Marinir Philipina mengalihkan seranganya kepada pasukan MILF daerah Komando 114 BIAF MILFdi di Adjacent Sitio Kapagayan, Barangay, Tipo-tipo Basilan.

Laporan di lapangan menyebutkan bahwa serangan terhadap pasukan MILF dilancarkan oleh Marinir Philipina tanpa adanya provokasi terlebih dahulu.

Pertempuran meluas ke Sitio Bato Mapoteh dan Sitio Maluha di Banguidan di sebabkan oleh hujan tembakan artileri membabi buta Marinir Philipina terhadap daerah itu.

Tiga wanita sipil yang tidak berdoasa terbunuh oleh tembakan artileri marinir Philipina tersebut.

menurut kabar bahwa operasi tempur terhadap (ASG) dan MILF merupakan ujian untuk melatih tentara Marinir Philipina yang baru.

Pertempuran terus berlanjut hingga malam hari. menurut kabar bahwa operasi tempur terhadap (ASG) dan MILF merupakan ujian untuk melatih tentara Marinir baru.

Sembilan orang tewas dan empat orang lainnya terluka dari pihak MILF, sedangkan dari pihak Marinir Philipina jumlah korban kurang lebih 50 orang.

Para korban dari pihak MILF adalah sebagian dari mereka yang mengejar Marinir Philipina yang mundur di Sitio Mapoteh tetapi kemudian terjebak tidak dapat keluar dari daerah itu ketika bala bantuan Marinir Philipina tiba dan memeriksa daerah tersebut.

Berbagai macam senjata di dapat oleh pejuang MILF dari anggota Marinir yang tewas ketika di kejar. Namun sebagian dari pejuang MILF kemudian terkepung oleh bala bantuan tentara Marinir Philipina.

Barangay Baguindan, daerah tempat untuk misi latihan Marinir, adalah daerah kekuasaan MILF dimana ketua komisi provinsi dan beberapa komadan brigade 114 BIAF-MILF tinggal.

Pimpinan MILF di provinsi percaya bahwa target sesungguhnya dari operasi Marinir Philipna tersebut adalah pasukan MILF, bukan kelompok Abu Sayyaf (ASG).

Misi serangan latihan terhadap MILF melanggar persetujuan gencatan senjata MILF-Pemerintah Philipina dan mengurangi semangat deklarasi Penghentian Serangan Militer (SOMO) oleh Presiden Gloria Macapagal Arroyo dan MILF di daerah yang terkena dampak konflik dalam sebuah tawar-menawar untuk melanjutkan negosiasi damai dengan MILF. Di samping itu, serangan serangan secara terbuka ini,juga membahayakan upaya saling mempertahankan isi perjanjian damai tersebut.(aa/luwaran)


latestnews

View Full Version