View Full Version
Kamis, 22 Apr 2010

Pasukan AS Klaim Tewaskan Pemimpin Al Qaida ke-3 di Irak

KIRKUK (voa-islam.com): Pasukan Amerika dan Irak dikabarkan menewaskan seorang lagi pemimpin Al Qaida Irak di wilayah Irak utara, kata pejabat militer.

Pria ini diidentifikasi bernama Ahmed al-Obeidi, tewas di utara propinsi Nineveh, kata jurubicara militer Mayor Jenderal Qassim al-Moussaawi.

Kabar ini datang sehari setelah pemerintah Irak mengumumkan kematian dua pemimpin kelompok perlawanan yang disebut-sebut sebagai Abu Umar al Baghdadi dan Abu Ayyub al-Masri. Keduanya dikabarkan gugur hari Ahad dalam serangan gabungan darat dan udara.

Jend Mousawi menyebut Obeidi atau yang juga dikenal sebagai Abu Suhaib adalah orang yang bertanggung jawab terhadap operasi Al Qaida di Irak utara wilayah Kirkuk, Salahuddin dan Nineveh.

Jenderal Ray Odernio, komandan pasukan Amerika di Irak mengatakan jika Abu Suhaib tersebut adalah "amir militer" di wilayah tersebut.

"Ia adalah orang yang bertanggung jawab untuk semua operasi militer dari Tikrit sampai Mosul hingga ke perbatasan Syiria," kata komandan tersebut kepada AFP.

Kehilangan pemimpin ini, bagi organisasi tersebut tidak serta merta melumpuhkan jalannya operasi, kata jurnalis BBC Jim Muir di Baghdad.

Al Qaida Irak telah dipersalahkan atas beberapa serangan berdarah di negeri ini sejak Amerika mulai menginvasi tahun 2003. Aneh memang, kenapa bukan Amerika yang disalahkan, padahal mereka yang menjajah.

[za/bbc]


latestnews

View Full Version