View Full Version
Kamis, 22 Apr 2010

Amerika Menginterogasi Langsung Mullah Baradar

WASHINGTON (voa-islam.com): Interogator Amerika, diperbolehkan mengakses langsung oleh Pakistan untuk menginterogasi Mullah Baradar, orang ke dua terpenting di dalam Taliban Afghanistan. Mullah Abdul Ghani Baradar ditangkap di Karachi pada akhir Januari dalam sebuah operasi gabungan oleh CIA dan Inter-Services Intelligence (ISI).

Akses langsung interogator Amerika ke Baradar yang sedang dalam tahanan Pakistan, sangat minim pada awalnya, namun sebulan terakhir para interogator Amerika ini diberi akses lebih luas. Hal ini semakin menujukkan ketundukkan Pakistan terhadap Amerika.

Beberapa informasi "kabarnya" diberikan oleh Baradar, yang menjadi  komandan militer lama Taliban Afghanistan, telah diverifikasi dan telah berguna bagi intelijen Amerika baik di Afghanistan dan Washington.

"Hal-hal ini akan memakan waktu," kata seorang pejabat militer Amerika yang menginterogasi Baradar. "Butuh waktu untuk mendapatkan informasi dan dibutuhkan waktu lama untuk memeriksa informasi itu."

penangkapan Baradar dielu-elukan oleh komandan pasukan Amerika dan NATO di Afghanistan, Jenderal Stanley McChrystal, sebagai perkembangan permainan-perubahan potensial setelah delapan tahun perang, meskipun beberapa pejabat AS awalnya mengesampingkan nilai informasi yang dia berikan interogator Pakistan. Sebab komandan sekelas Baradar tidak akan mungkin mudah "bernyanyi".

[za/dailytimes]


latestnews

View Full Version