View Full Version
Sabtu, 08 May 2010

Mendagri Afghanistan: Serangan Taliban Akan Meningkat di Kabul

KABUL (voa-islam.com): Seorang pejabat senior di Departemen Dalam Negeri (MOI) memperingatkan bahwa serangan Taliban akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang di Kabul, provinsi Kandahar dan Zabul.

Sampai suaka mereka dihancurkan di luar Afghanistan, perang tidak akan berakhir di dalam negeri, kata Menteri Luar Negeri, Anif Atmar.

"Setelah disana tidak ada lagi tempat untuk kelompok perlawanan di luar negeri maka perang ini akan berakhir," katanya.

Kepala MOI mengakui beberapa persiapan telah dilakukan oleh pasukan keamanan Afghanistan untuk mencegah serangan Taliban yang telah diprediksi.

"Kabul akan menjadi fokus utama dari serangan Taliban. Mereka ingin melakukan serangan mereka di Kabul, ibukota Afghanistan," kata Atmar.

Sementara berbicara di depan para anggota Senat, Menteri Luar Negeri ini juga menyoroti kelanjutan dari operasi di bagian utara Afghanistan.

Enam belas calon pembom telah ditangkap oleh pasukan keamanan Afghanistan selama sebulan lalu, dan delapan orang yang ditangkap adalah warga Pakistan, katanya.

Hampir 4.000 pejuang Taliban telah ditahan oleh pasukan keamanan Afghanistan tahun lalu, ia lebih lanjut menambahkan.

Pemerintah Afghanistan kerap kali memberitakan puluhan anggota Taliban disana-sini tewas, juga puluhan Taliban ditangkap setiap hari. Namun serangan-serangan mereka tetap tak pernah berhenti setiap hari, justru semakin terkoordinasi dan lebih mematikan.

Yang patut dipertanyakan juga adalah, bagaimana mungkin presiden Hamid Karzai dan pengikutnya bisa setuju dan membantu Amerika, sedangkan yang melakukan penjajahan di Afghanistan adalah pasukan Amerika dan sekutunya.

[za/quqs]


latestnews

View Full Version