View Full Version
Kamis, 10 Jun 2010

Taliban Punjabi Klaim Serangan Terhadap Truk Tanker NATO

ISLAMABAD (voa-islam.com): Taliban Punjabi, pada hari Rabu kemarin menyatakan bertanggung jawab atas serangan ke konvoi truk pasokan NATO di dekat ibukota Pakistan Islamabad Selasa larut malam, yang menewaskan sedikitnya 8 orang dan melukai 6 lainnya serta menghancurkan sekitar 60 truk, menurut laporan XinHua.

Serangan itu terjadi di tempat parkir truk pemasok NATO di daerah Tarnol, sekitar 50 km barat daya Islamabad, sekitar pukul 11:30 malam waktu setempat. Saksi mata mengatakan sekitar 30 orang bersenjata menyerang 60-plus kendaraan yang membawa kapal tanker minyak dan kebutuhan NATO lainnya untuk pasokan di Afghanistan. Para penyerang menembak armada yang diparkir di sana tanpa pandang bulu dan kemudian membakar truk-truk tanker minyak itu.

Tak lama setelah insiden terjadi, polisi setempat melakukan operasi skala besar pencarian di daerah terdekat. Sumber-sumber kepolisian mengatakan bahwa beberapa penyerang telah meninggalkan lokasi.

Seorang pejabat kepolisian Islamabad mengatakan bahwa kapal tanker minyak yang dibakar tersebut merupakan tanggung jawab NATO.

Saksi mengatakan saat serangan itu diluncurkan hanya ada satu penjaga keamanan di tempat parkir untuk melindungi armada NATO diparkir di sana.

Menteri Dalam Negeri Pakistan Rehman Malik telah memerintahkan penyelidikan atas insiden tersebut dan meminta laporan tentang serangan dalam tiga hari.

Ini merupakan serangan yang kesekian kalinya yang dilakukan Taliban terhadap truk pemasok kebutuhan NATO di Afghanistan. Sebab hampir semua kebutuhan NATO di Afghanistan dikirim lewat jalur darat yang melewati wilayah Pakistan. Komandan Taliban yang mengotaki penyerangan terhadap truk-truk NATO tujuan Afghanistan yang melewati Pakistan dulu adalah Hakemullah Mehsud yang saat ini telah diangkat menjadi amir bagi pejuang Taliban Pakistan.

[za/xinhua]


latestnews

View Full Version