View Full Version
Ahad, 25 Jul 2010

Taliban Berhasil Kuasai Wilayah Strategis di Provinsi Nuristan

KABUL (voa-islam.com): Pejuang Taliban berhasil menguasai sebuah wilayah strategis yang sebelumnya berada di tangan pemerintah Afghanistan setelah beberapa hari bentrokan di provinsi Nuristan Afghanistan timur, menurut laporan para pejabat Afghanistan Minggu ini.

Dan itu menandai serangkaian keberhasilan yang dicapai oleh  pejuang Taliban di medan tempur, setelah sebelumnya menolak tawaran untuk masuk ke dalam dialog dengan pemerintah Afghanistan yang pro-Barat, kecuali dengan syarat hal itu termasuk bagian tahap berikutnya untuk penarikan pasukan pendudukan dari Afghanistan.

Bentrokan selama berhari-hari

Wilayah Barji Mittal di provinsi Nuristan pada Sabtu malam telah jatuh ke tangan Taliban setelah beberapa hari bentrokan dengan pasukan pemerintah. Daerah ini terletak dekat perbatasan dengan Pakistan, Biasanya Taliban mengggunakannya sebagai cara untuk memasok senjata dan pejuang di tiga wilayah yang paling penting Badakhshan, dimana pejuang Taliban telah meluncurkan serangkaian serangan yang mematikan akhir-akhir ini.

Kantor berita "Reuters" menukil dari juru bicara Departemen Dalam Negeri Zemarai Bashary pernyataannya kepada para wartawan bahwa pasukan kepolisian Afghanistan ditarik mundur dari Barji Mittal untuk menghindari jatuhnya banyak korban dalam menghadapi tekanan Taliban yang berkelanjutan setelah beberapa hari pertempuran.

Warga sipil yang tewas:

Di sisi lain, pemerintah menyatakan sedang mengkaji laporan para penduduk lokal yang melaporkan bahwa sekitar 40 warga sipil tewas dalam serangan oleh pasukan asing di distrik Sangin di provinsi Helmand Afghanistan selatan pada hari Jumat.

Ini adalah jumlah korban sipil terbaru dalam perang yang menewaskan ribuan warga sipil dalam penggerebekan dan serangan, namun belum ada kutukan dan reaksi negatif untuk mencegahnya terulang kembali, sementara itu kemarahan warga Afghanistan memuncak.

(ar/islammemo)


latestnews

View Full Version