View Full Version
Jum'at, 08 Oct 2010

Al Islamiyah, Kelompok Perlawanan Baru di Somalia

MOGADISHU (voa-islam.com): Mantan pemimpin kelompok perjuangan Somalia, Sheikh Mukhtar Robow dan Sheikh Hassan Dahir Aweys melakukan pertemuan di Mogadishu untuk melakukan suatu pembicaraan rahasia. Kedua pemimpin mujahidin itu kabarnya mengadakan pertemuan untuk membahas pembentukan sebuah kelompok perlawanan baru.

Mukhtar Robow kini tidak menjabat menjabat lagi sebagai petinggi As Shabaab, dan kini ia mencoba untuk membentuk sebuah sayap perjuagan baru.

"Ada kelompok baru yang bernama Al Islamiyah, yang merupakan cabang dari campuran anggota As Shabaab dan Hizbul Islam yang tidak aktif, kelompok itu akan mengambil alih wilayah Somalia selatan," kata salah satu senior kelompok Hizbul Islam.

Namun belum ditentukan siapa yang akan menjadi pemimpin kelompok ini nantinya.

Disebut-sebut memang kelompok baru ini berisi dari pecahan kelompok As Shabaab dan Hizbul Islam. As Shabaab sendiri adalah kelompok yang sangat menentang kebijakan pemerintah di Somalia. Mereka menyatakan diri sebagai salah satu cabang Al Qoidah dan telah bersumpah setia kepada Usamah bin Ladin.

Somalia sendiri tidak memiliki pemerintahan pusat yang efektif selama 19 tahun terakhir dan meskipun pemerintahan sekarang dibawah Presiden Sharif Ahmed mendapat dukungan dari PBB dan Uni Afrika, ia tetap menghadapi perlawanan keras dari As Shabaab dan Hizbul Islam. (za/grw)


latestnews

View Full Version