View Full Version
Kamis, 28 Oct 2010

Pasukan AS Tinggalkan Pangkalan Militer di Helmand Afghanistan

KABUL (voa-islam.com): Pejuang Taliban Afghanistan mengungkapkan bahwa pasukan penjajah AS mengosongkan salah satu pangkalan militernya di kabupaten Marja provinsi Helmand di Afghanistan selatan.

Pihak Taliban mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya bahwa tentara AS mengevakuasi pangkalan militer yang terletak di wilayah "Abdullah Qalaf" kabupaten Marja, dan mereka melarikan diri dengan helikopter.

Pihak Taliban juga menyebutkan bahwa pangkalan militer ini didirikan oleh pasukan AS hampir setahun yang lalu ketika mereka meluncurkan serangkaian operasi besar di daerah tersebut.

Pihak Taliban mengutip dari sumber-sumber lokal bahwa pasukan AS meninggalkan banyak peralatan di pangkalan tersebut, mencatat bahwa sejumlah keluarga dan warga sipil berencana untuk mengangkutnya dari pangkalan tersebut.

Taliban ambilalih pangkalan militer AS di Kunar:

Awal bulan ini, komandan lapangan lokal Taliban Al-Qari Ziaur Rahman mengumumkan bahwa para pejuang berhasil menguasai pangkalan AS di daerah terpencil "Marura" di wilayah Kunar Afghanistan timur berdekatan dengan perbatasan Pakistan.

Ziaur Rahman menjelaskan bahwa keberhasilan pejuang Taliban menguasai pangkalan militer tersebut setelah Amerika mundur dari sana dengan helikopter, meninggalkan banyak senjata dan peralatan militer di belakang.

Pangkalan militer tersebut dianggap termasuk yang paling penting di kawasan timur di mana dapat memantau provinsi Bajawara Pakistan dan mencakup sekitar 500 tentara AS dan helikopter militer.

(ar/islammemo)


latestnews

View Full Version